Jumat, 27 Februari 2015

Jangan gantungkan cita-cita setinggi bintang

Dear Allah lovers,
Entah tiba-tiba saja teringat kalimat ini :"Gantungkan cita-citamu setinggi bintang". Dulu terasa bagus dan memotivasi, tapi sekarang kok terasa ada yang kurang ...

Sebab manusia itu diciptakan sempurna , dia pasti lebih tinggi daripada cita-citanya, dan yang lebih tinggi daripada manusia adalah Allah. Jadi semestinya manusia menggenggam cita-citanya, mewujudkannya untuk dipersembahkan kepada Allah.

Semasa kecil aku membayangkan cita-cita setinggi bintang itu cita-cita yang untuk mencapainya perlu berjuang dengan amat sangat keras.  Dan saat orang mengucapkan kalimat itu padaku, aku merasa aku bukan apa-apa sehingga perlu punya cita-cita setinggi bintang untuk menjadi apa-apa.

Kurasa yang perlu kita katakan pada anak-anak adalah  bahwa dirinya hebat, yang untuk meraih cita-citanya, Allah sudah menyiapkan segala kemampuan yang built in dalam dirinya.  Soal meraih cita-cita, itu adalah soal menjalani proses dengan perasaan gembira dan bersyukur, bukan seperti yang aku bayangkan semasa kecil, berat dan penuh perjuangan.

Yang perlu juga kita  fahami adalah menyamakan cita-cita kita dengan 'cita-cita' Allah saat menciptakan diri kita yang unik ini. Seperti menyaring keinginan, manakah yang bergerak karena hawa nafsu  dan manakah yang karena Allah.

Dan jangan menghamba pada cita-cita , hingga berjuang mati-matian mewujudkannya, tapi persembahkan cita-citamu untuk mengabdi pada Allah.

jangan gantungkan cita-cita setinggi bintang
karena dirimu lebih tinggi dari cita-citamu
dan Allahlah yang lebih tinggi darimu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar