Minggu, 18 Maret 2018

Nol Saja

Meditasi masih dalam ramgka flu, tadi pagi pulang ke rumah butik sebentar untuk nengok Alni dan Insan,  balik lagi ke rumah bandara.

Di rumah bandara kucoba meditasi jalan dan berusaha terhubung dengan bumi, gagal ! Tak bisa merasakan apa yang aku rasakan kemarin kemarin.

Akhirnya berbaring dan merenung, mendapat petunjuk begini kira-kira.  Saat meditasi tak usah berharap dan tak usah berusaha, jalani saja dengan ikhlas, teserah Allah mau ngasih atau tidak ngasih sesuatu.  Pengharapan pada suatu hasil tertentu bisa menjadi penghalang datangnya pahaman baru yang hendak Allah berikan. Ya sepertiku yg berharap terhubung dg bumi, bisa menjadi penghalang datangnya anugerah lain karena blocking pikiran ke bumi mulu.

Nol saja, lakukan saja, rupanya inilah yang disebut 'gak ngapa-ngapain'.  Maksudnya tanpa berusaha, pasrah saja padaNya, pada proses yang telah dirancangNya.

Hasil meditasi yg sama bisa berbeda beda terus ketika dilakukan walau dilakukan dengan cara yang sama, semua terserah Allah memberi kita pemahaman dan anugerah spiritual.

Semakin kesini semakin aku sadari bila manusia itu hanya menjalankan rencanaNya saja, rencana Tuhan yang indah, menyatu dalam rencanaNya.  Manusia tidak perlu berencana, letakkan saja rencana-rencana manusia agar bersujud kepada Allah. Jalani rencana Allah dengan ikhlas dan bahagia saja.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar