Sabtu, 17 April 2021

Meringankan memori

 Belajar #day6 Ramadhan 2021


Dalam hidup, kita mengumpulkan memori.  Koleksi memori sejak kita lahir sampai detik ini terus bertambah dan baru berhenti bila nafas kita berhenti. 


Setiap memori mengandung energi,  dari yang ringan sampai yang gede banget energinya. 


Ada yang energinya mengenakkan, ada yang membebani sampai mengganggu perjalanan hidup selanjutnya walau tak disadari ataupun disadari.


Hari ini aku belajar mencermati memori.  Yang energinya gede dan membebani, aku lepas agar tak lagi mengganggu. Cara melepasnya hanya dengan mengamati dan menyadari bahwa aku pernah punya memori itu, menerima seberat atau seberapa menyakitkannya. Berterimakasih itu pernah terjadi dan memberiku pelajaran.  Aku terus mengamati, menyadari dan berterimakasih. Terus dan terus sampai terasa ringan, ringan dan ringan sekali, lalu merasa bebas dari jeratan beban memori,  memunculkan rasa kesyukuran yang dalam kepada Sang Pemberi Kehidupan. 


Memori itu masih tersimpan,  tapi energinya sudah tidak menggangguku lagi.  


Terimakasih Allah.  Betapa aku memujaMu.


Ada yang bertanya,  kapan waktu yang tepat melakukannya? 


Jawabku,  kapan saja bisa,  setelah shalat 5 waktu bagi yang muslim boleh,  bisa juga setiap menjelang tidur.  Bila mau meluangkan waktu khusus juga boleh,  mau sengaja bermeditasi untuk ini juga bisa. Kapanpun senyamannya saja,  juga berapa lama waktu yang dibutuhkan,  secukupnya sampai terasa ringan di pikiran dan di hati.


#innuriinspirasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar