Sabtu, 08 Juni 2013

Menciptakan Pelangi Dari Titik Hujan

 Teman yang akan aku ceritakan ini, begitu istimewa dan manusia langka di muka bumi, kalian wajib mengenalnya, minimal mengenalnya dari tulisanku. Beliau selebritis kanker .... nah, baru dengar kan ada seleb kanker ?

Aku memanggilnya mbak Andri, sebaya denganku , yaaah umur duapuluhan gitu ..... maksudnya duapuluh di tambah duapuluh enam ... hehehe,  kenalnya di fb.  Eh, ternyata mbak Andri itu temannya temanku kuliah, Didit.  Tapi kok kenalnya aku bukan lewat Didit, tapi lewat grup OM (Ordinary Moms ).  Lucu kan dunia ini?

Tapi ternyata yang lucu itu bukan dunianya ...., yang lucu itu malah mbak Andrinya dan dia bisa melucu tapi pembacanya jadi nangis. Kemampuan istimewanya yang lain, dia bisa membuat yang nangis jadi ketawa. Bingung kan ? Memang itu spesialisnya dia .... hehehe.

Apalagi bagi kalian yang suka mengeluh dengan hidup ini, yang merasa paling menderita, yang merasa cobaannya bejibun .... siapa saja kalian, rugi kalau nggak kenal mbak Andri, selebritis kanker termashur di hamparan bumi ... iiiih, jadi penasaran kan ?

Ya, mbak Andri ini pengidap kanker stadium metastase, dia punya ketergantungan dengan tabung oksigen, tapi jangan bayangkan dia berbaring di tempat tidur, atau duduk di kursi roda dan dilayani suster yang cantik. 

Beliau lincahnya kayak kutu loncat, malah beliau melayani para penderita kanker, para pengidap HIV AIDS, beliau instruktur pelatihan di proyek amal, beliau juga pengusaha, .... wes bingung aku nyebutin identitasnya.  Dan dia menjalani aktifitasnya sambil nenteng tabung oksigen kemana-mana ....

Mbak Andri punya 3 orang anak dan yang normal cuma satu , nah .... tapi dia bisa mengantarkan anak istimewanya menjadi anak hebat. Yang nomer satu sudah jadi dokter, yang normal cuma si tengah, yang bungsu autis berat tapi bisa masuk SMA umum.  Hebaaattt !!!

Sungguh bagi kalian yang masih suka mengeluh, bisa malu gak ketulungan sampai nekat sembunyi di lubang semut bila berhadapan dengan selebritis satu ini.  Ujian dan cobaan yang kita terima ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan yang dialami mbak Andri, tapi orangnya happy happy ever after tuuuuh.

Dari mbak Andri aku belajar bahwa kebahagiaan itu tergantung dari cara kita menyikapi hidup.  Bahwa hidup itu bisa kita bawa kemanapun kita suka, bagaimanapun keadaannya.  Bila cobaan itu ibarat titik hujan, maka kita bisa menciptakan pelangi darinya. Bila cobaan itu ibarat malam yang gelap, maka kita bisa menyalakan lilin dan bermain dengan bayangan tangan kita membentuk beraneka siluet binatang yang dirangkai jadi kisah yang indah.

Ayuuk aku ajak mengenal mbak Andri lebih dalam, ini aku copi status beliau di grup OM, aku sudah mendapat ijinnya kok. Ini aku copas tanpa aku edit, ada bahasa jawanya yang mungkin sebagian kalian kurang faham, yang penting bisa terpingkal-pingkal saja .... hehehe. 

Ini mesti bilang Alhamdulillah atau Innalillahi wa inna ilaihi Roji"un.. 

Alhamdulillah sempat membesuk sahabat baikku 3 hari yg lalu di RSAL, sudah sangat kesakitan n menderita krn kankernya yg sdh menyebar kemana2.. Alhamdulillah lagi karena almarhumah meninggal dengan tersenyum.

suatu siang beliau telp aq, mbk aq rasanya sdh capai n tdk kuat, aq kudu piye?? 

Hush jangan berkata begitu, malu sama Alloh SWT yg ada di hati qt, Istighfar saja, minum obat anti nyerinya. 

Lha wong sakitnya itu krn kerak2 dosamu kuwi lho seng wes kadhung "tebal" kudune malah matur nuwun marang Gusti Alloh, sudah jangan mengeluh nanti getun krn saat hari "penghisapan" ternyata dg mengeluh Alloh SWT berhenti mengurangi dosa qt. 

Saat itulah qt baru tahu kalo sakit ini ternyata krn dahsyatnya pelukanNya kdp qt, Bisa2 jika orang sedunia tahu betapa "nikmat sakit itu sedemikian dahsyatnya" maka saat nanti ketemu di Padang Mashar mereka pasti iri kpd qt, dan kalau mereka tahu tentu saat di dunia mereka akan memohon sampai "njungkel2" kepada Alloh SWT.. "Ya Alloh SWT" kenapa semasa di dunia sy koq tdk diberi ujian sakit spt Andri dkk?? Jika tahu bahwa tempatnya orang2 yg sakit dan bisa menerimanya dg ihlas itu sedemikian bagusnya, kalau bisa memilih saya mau merasakan sakit seumur hidup saya.... hehehe temen ta?

Almarhumah akhirnya tertawa terpingkal2.. Bocah edan.. dasar Andri edan.. lha wong podho lorone koq iso ngomong ngono ... ra nate mikir loro blas, liyane dholannn wae.. , Yo wes.. aq "insap" , leh ku ngomong mau mugo2 "malaikat e ra krungu yo... hehehehehe... 

jawabku "wes mau Malaikate wes tuku Tip Ex" awakmu ra sidho njaluk mati.. dadi catetane wes "diusep"

Kadang2 obrolan "gila2an dengan teman2 penderita kanker itu lebih mujarab dari obat anti nyeri dan morfin" , Makanya tidak jarang para suami atau para istri jika pasangannya sudah mulai "mengeluh atau tdk semangat" biasanya menghubungiku, malah ada salah satu sahabatku almarhumah Pipit... dia kalau sedang "sakau" sering telp aq dan bicara secara gila2an dg saya, suatu saat dia ngomong ke saya.. 

"Awakmu iki lho nek ngomong gendheng tapi bener, kadang aq mikir opo awakmu ora males nang ngendhi2 nggowo oksigen, tapi jek keliling kota nyambangi wong loro2, lha padahal kan awakmu dewe kuwi gak sehat. Dan ada yg membuatku heran lagi, kalau kamu sing ngomong kuwi wong2 seng sensitif koq ra podho ngamuk, opo mergo melas ndheleng awakmu? Jawabku " dudu ngono Piek, mereka akan rugi nek nglebokne ati omonganku, lha sing ngomong wes lali opo sing mau diomongne, terus mereka mesti mikir.. wes bene wae lha sing ngomong kan arep mati, dadi mesakne nek dimangkeli ngko mundhak di "jothak" Malaikat ... hahaha akhirnya kami ketawa ngakak.  

Wes mbuh nek ngomong karo kowe aq iki dadi melu nang aliran sesat mu ... tapi mungkin wong2 sing loro kuwi kan dieman2 karo wong akeh, dadi mereka perlu shock terapy soko kowe yo... sebab dialoqmu kuwi bener n sakjane kene yo ngerti, tapi mergo sing ngomong awakmu dadi rasane ati iki enteng alias RM (Ra Mikir). Selamat jalan teman, tunggu aq ya, nanti qt reunian di SurgaNya. 

Tidak ada yg lebih indah selain mensyukuri nikmatNya... nikmat apa saja.. entah sakit, senang, menderita, mlarat, kaya.. semuanya harus disyukuri.. 

Hari ini aq kehilangan 3 teman2ku yg gerah kanker getah bening, kanker payudara yg terakhir barusan ba'dha Isya' kanker paru... almarhumah semuanya adalah "pejuang dunia akherat" pasukan relawanku berkurang terus, tetapi selalu juga ada yg baru, kebanyakan mereka juga penderita kanker, malah sekarang ketambahan relawan dari ODHA dan Dokter2 Spesialis Lansia... Ayo semua kita mulai perhatian di lingkungan qt... mumpung sisa usia masih ada ... perbanyak silaturahim... membantu tdk selalu memerlukan dana, tetapi perhatian qt membuat mereka merasa punya semangat hidup... 

 

6 komentar:

  1. Kuwi sing apik sakjane ulasane panjenengan mbk Indah... Lha tulisan edan2an sing bahasane yo blakrakan hehheheehe... Ok suwun atas perhatian dan sanjungannya ya... Semoga qt bisa memanfaatkan sisa usia qt dengan lebih manfaat, jangan pernah berhenti berpikir utk bisa membantu orang lain, sebab ternyata Alloh yang akan menyelesaikan dan mengambil beban di punggung qt, dan jangan pernah berpikir tentang sakit qt.. Sebab sampai habis waktu qt , karena qt akan merugi, sebab Alloh SWT sedang menunggu action kita untuk mengumpulkan bekal menghadap kepadaNya dan dg sakit Alloh telah meminjamkan kunci surgaNya, tinggal setapak lagi qt sampai kesana, tapii karena tidak ada rasa syukur qt kepadaNya maka kunci tersebut akan terjatuh, dan apakah yg akan qt dapatkan adl sesuai dengan yg qt pikirkan, yaitu rasa sakit dan merana hingga akhir hayat, sehingga jurusannya bukan ke Surga tetapi harus meeting bersama setan2 hehhehehehehe... Betul gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak andri, beneerrrrr ituh, nah, semoga dengan kukenalin sama njenengan makin banyak orang merem jadi melek, yang semaput jadi berlari, yang mati bangun lagi .... hahahaha

      Hapus
  2. Mbak Andri dan Bunda Innuri ini kayak malaikat tak bersayap yang lg bertugas di bumi.. wanginya udah kayak penghuni surga.. bidadari aja mah lewat..
    Ibarat buku.. pengennya sih aku punya foto kopiannya mbak Andri dan bunda Innuri.. hiks.. tapi kan bukan buku.. jd aku izinkan nyontek aja ya.. moga2 bisa nyontek sebanyak2nya.. *peluk mbak Andri dan Bunda Innuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ada bedanya aku dengan mbak Andri, nek sayapku iku tak gadhekna ndik langit, duwite tak gawe nyarter kuda terbang, jadi aku bisa mendarat dengan mulus di bumi, awakku wutuh .... lah nek mbak andri kuwi, sayape disita soale kakehan polah ndik langit, jadi mudhune neng bumi terjun bebas, trus kecantol tali jemuran, trus nyungsep ndik endhut, lah malih kenek kanker iku.

      Hapus
  3. wah mbak Andri ganti nama ya dimari...

    pokoknya aku bahagia ada diantara mereka, mengenalnya, bahkan melihat dari dekat apa yang dilakukan bunda-bunda didunia untuk bekal akhiratnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. demikian pula diriku ini mba Sari, bahagia bisa mengenalmu yang berhati tulus ....

      Hapus