Rabu, 11 Maret 2015

Karena Sombong dan Membanggakan Diri

Dear Allah lovers,

Sore kubuka terjemah al quran , kubaca kalimat ini :"Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri".

Yups ! pas banget dengan cerita yang belum lama ini sampai kepadaku. Ini kisah nyata yang aku samarkan begitu rupa.  Tahu kan maksudku kenapa harus menyamarkannya ?

Ceritanya ada seorang wanita yang punya usaha kecil, tapi di kampungnya termasuk pengusaha kecil  yang berhasil. Dengan puluhan karyawan, ada yang dikerjakan di rumahnya, ada juga yang pekerjaannya dibawa pulang.

Sayangnya si wanita ini wanita yang sombong dan suka membanggakan diri.  Uang jajan anaknya yang banyak saja dibanggakannya .... hehehe ... Dan dia menjalankan bisnis dengan sedikit etika , aku bilang sedikit karena barangkali dia masih punya etika tapi sedikit ... hhhmmm.

Aku sebut saja dia ibu X.

Ibu X yang sukses ini pernah disakiti suaminya, suaminya pernah berselingkuh, sudah bertobat dan meminta maaf dan mereka baikan lagi, bahkan sang suami berhenti dari pekerjaannya untuk membantu usaha istrinya yang berkembang begitu pesat.

Pernah dia bilang begini :"Aku membangun bisnis ini untuk membuka mata suamiku agar tidak menyepelekan wanita.  Aku mau buktikan bahwa wanitapun bisa sukses dan mandiri, tidak butuh belas kasihan lelaki".

"Hmmm ... mestinya bisnis itu diniatkan ibadah kepada Allah", kataku saat itu.
"Iya ya, tapi aku kayaknya ingin balas dendam pada suamiku", katanya.

Seperti kataku, dia menjalankan bisnis dengan sedikit etika , dengan niat untuk membuktikan kemampuan pada suaminya, dan diapun bersikap sombong dan membanggakan diri. Aku pernah jadi korbannya .... hehehe, tapi seperti biasa aku memaafkannya.

Bisnisnya ramai dan dia berjaya selama bertahun tahun, sampai aku  tak menyangka bila dia bisa bangkrut.  Ya, itulah berita terkini yang aku terima.

Bisnisnya ambruk, rumahnya dijual, dan pindah ke rumah kontrakan.  Suaminya bekerja lagi pada orang lain.

Allah memang Maha Adil dan Allah selalu bekerja dengan keadilanNya. Tanpa kita meminta pada Allah, orang yang berbuat dhalim, pasti menerima akibat perbuatannya.

Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.  Alangkah ngerinya bila Allah sudah tidak menyukai.  Allah yang Maha Kasih Sayang saja tidak menyukai, apalagi makhlukNya.  Banyak orang tidak menyukai ibu X, termasuk aku ... hehehe.  Kabarnya, tetangganya banyak yang  tidak menyukai, teman-temannya juga  banyak yang tidak menyukai.

Bagiku ini adalah untuk kali ketiga menyaksikan orang yang sombong dan membanggakan diri yang mengalami keterpurukan dan bangkrut dengan cara yang menyakitkan.  Ketiga-tiganya pernah mendhalimi aku.

Mudah-mudahan Allah selalu  melindungi kita dari sikap sombong dan membanggakan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar