Jumat, 13 Desember 2013

Cara Cerdas Menyelesaikan Masalah

Kali ini aku musti berguru kepada Aden, anakku.  Darinya aku belajar, bahwa cara paling cerdas menyelesaikan masalah  adalah dengan menahan marah, memaafkan dan tetap memelihara kasih sayang.  Kedengarannya sederhana, tetapi ini sulit dilakukan.  Hanya bila tujuan hidup ini mencari keridhaan Allah, kita bisa ringan menjalaninya.

Ceritanya, Aden dengan Next Heaven-nya punya proyek bikin majalah, yang edisi perdananya dicetak sebanyak 1500 eksemplar.  Target mereka bisa mengikuti ajang pameran anime di jakarta di akhir desember tahun ini.





Menjelang naik cetak, ujian datang. Seorang teman yang memegang ATM rekening NH menghilang, ditelepon tidak diangkat, di-sms tidak dibalas.  Bayangkan perasaan Aden saat itu !!  Sempat emosi dan panik, tapi kemudian dia kelola perasaannya hingga bisa tenang dan tidak dikuasai emosi dan rasa curiga.  Akhirnya Aden mendatangi rumahnya, dan ternyata dia sedang fokus pada Tugas Akhir kuliahnya hingga hp-nya tidak dipedulikan.

Kisah ini berakhir dengan manis, si teman yang merasa bersalah, akhirnya menebus kesalahannya dengan membantu kelancaran proyek NH.

https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/q71/s720x720/1396050_1404225823143728_1244981379_n.jpg
Ini majalah Next Heaven yang mau terbit, siapa mau pesan? inbox fb Innuri ajaaa.

Sungguh sederhana, memaafkan, menahan marah dan memelihara kasih sayang, hasilnya semua masalah terselesaikan dengan indah.  Kita sendirilah yang membuat penyelesaian yang sederhana itu menjadi rumit, dengan mengumbar emosi, menyalahkan yang lain dan merasa diri paling benar .

"Bila kita ingin hidup berjuang di jalan Allah, itulah salah satu caranya, dengan memegang teguh tuntunanNya di al quran, di bidang apapun kita bekerja", kataku pada gantengku itu, rasanya aku sedang berkata pada diriku sendiri.



2 komentar:

  1. dan menahan marah itu luar biasa susahnya. bisa kasih tipsnya mba Innuri. terima kasih tulisanya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb Dwi , ntar tipsnya aku tuis di satu artikel aja ya mbak, insyaAllah.

      Hapus