Kamis, 01 Mei 2014

Allah Selalu Mendampingi


Makanya aku suka menghafal al quran, salah satu nikmatnya adalah ketika dia dibaca berulang-ulang maknanya jadi semakin mendalam, jadi mengembang, dan membekas di kalbu dan mengukirkan keindahan abadi di sana.

Coba baca ayat ini, dan apa kesan di hati kalian ?

QS Al Mujadilah [58:7] Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

Apa kesan kalian sahabat tentang surat ini ? Coba rasakan di hati kalian.

Aku sendiri, saat pertama menghafal ayat ini, kesanku adalah kita tidak bisa merahasiakan sesuatupun di hadapan Allah, selalu Dia ketahui apapun yang kita lakukan , pikirkan rasakan.

Nah, suatu kali saat menghafal lagi, tiba-tiba aku jadi menangis terharu, ayat ini seolah-olah bilang bahwa Allah selalu mendampingiku siang dan malam, tak pernah lepas dan lalai sedetikpun, dengan kasih sayangNya, Dia selalu mendampingi dan mengulurkan tanganNya saat aku memerlukan pertolongan, Dia selalu mengeluarkan aku dari himpitan persoalan, Dia juga yang menuntunku dari kegelapan menuju cahaya, Dia yang selalu melihat kesulitanku, mendengar dan mengabulkan harapanku walau tak terucapkan di lidahku.  Dia yang menjelmakan kenyataan-kenyataan indah dalam hidupku,  Dialah yang membahagiakan aku dan memeliharaku dalam kasih sayangNya.

Merasa Allah selalu mendampingi, otomatis membuat kita selalu mengingat Allah, merasa didengar, ditolong dan dilimpahi kasih sayang.  Karena hidup ini berat, ujianNya juga berat, maka Allah selalu mendampingi kita dengan menguatkan kita, memberi ketenangan, memberi ide di pikiran kita, memberi jalan keluar, hingga memberi kita keajaibanNya. 

Allah Yang Maha Agung telah menyediakan diriNya mendampingi kita, tinggal kitanya, maukah mengambil peluang ini dengan mempercayakan dan mengkonsultasikan segala persoalan hidup ini kepada Allah ? ataukah lebih suka berkutat dengan logika dan akal kita hingga pusing dan tidak kuat menanggung beratnya persoalan ?

Sementara di tanganNya, semua itu bisa diselesaikan dengan indah, maka letakkan persoalanmu ditangan Allah, dan letakkan Allah di hati dan pikiranmu, ijinkanlah tanganNya menuntunmu, sahabat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar