Rabu, 22 Februari 2017

Mbalelo

Mbalelo
#innuriinspirasi 'Kenakalan' itu istilah pak Sonnie Wicaksono untuk kita manusia yang keluar dari  kasih sayang Tuhan dan memilih ego kita. Istilah jawanya mbalelo.

Kalau ada kenakalan , biasanya timbul rasa tidak enak buat orang lain karena bermainnya di lingkaran emosi. Contohnya saat pilkada seperti sekarang , banyak sekali status atau komentar yang bikin 'mendidih'. Banyak orang keluar dari prinsip bismillah , padahal kita disuruh memulai apa saja dengan membaca "atas nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang". Termasuk sebelum menulis status atau  komentar.
Membaca bismallahnya jangan basa basi, cuma di bibir saja. Kan lucu jadinya kalau membaca bismillah lalu mencela dan menghujat orang lain. Dimana dia letakkan kasih sayang Allahnya ?

Segala sesuatu yang tidak dimulai dengan bismillah , maka Allah akan cabut keberkahan darinya. Hadits ini musti dimaknai secara mendalam , bahwa segala sesuatu yang dilakukan bukan karena Allah dan tidak berlandaskan kasih sayang , maka akan terputus dari rahmat (kasih sayang) Allah.

Yuk kita ngaca dulu , sudahkah kita memulai segala sesuatu dengan bismillah ? Saat menulis status dan mengomentari status teman ?

Bagaimanapun baiknya maksud kita, kalau keluar dari kasih sayang Allah , ya hasilnya pasti tidak baik , maksud baik kita gak akan nyampai sasaran , kita sendiripun gak bahagia.

Saat "kampanye" untuk calon gubernur / bupati , sebaiknya pakai bismillah dulu. Biar tidak terjebak dalam menjelek jelekkan calon lain yang mungkin merupakan pilihan teman kita.

Tetap memilih kasih sayang Tuhan di atas segala alasan dan logika , itulah prinsip bismillah.
Temanku mbak Andri bilang kalau orang yang kena kanker itu pasti ada sikap 'mbalelo' nya. Jadi ada kaitan antara sikap hati yang keluar dari kasih sayang Tuhan dengan penyakit yang kita derita.

Jadi , mau pilih siapa saja ntar dalam putaran kedua , bagian terpentingnya adalah tetap memilih kasih sayang Tuhan.  Sepakat ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar