Jumat, 31 Mei 2019

Doa Itu Untuk MencintaiNya


#innuriinspirasi

Mbak.  Aku masih bingung sholat lillahita'ala. Kalau aku sholat hanya untukMu, karena aku cuma kangen atau karena aku cuma cinta, kok di dalam sholat kita malah minta-minta robighfirli, warhamni dst..
Ibaratnya aku mau namu ke rumah mba, terus sampe rumah mba:
tok tok tok,
 A : Assalamualaikum mba.
B : Eh Dey, kok tumben dateng.
A : Oh aku sengaja dateng kangen sama mbakyu.
B : Syukurlah kalo kangen..

Nggak lama kemudian di tengah obrolan.

A : Mba aku pinjem duit dong...
B : Lha kata nya jauh-jauh dateng ke sini karena kangen, jebule mau pinjem duit.

Kira2 tuhan gitu ga ya mba.

Aku jawab begini:
Hahaha..
Gini loh. 
Allah itu beda dengan makhluk.  Kalau aku diminta-mintai duit yo keluar taringnya 🤣.
Lewat doa doa yang dituntunkanNya itu,  Allah mengajari kita sesuatu , banyak hal dan untuk berbagai "strata spiritual". 
Bagi orang awam, doa doa itu membuat hatinya menjadi tenang (yang semula gelisah mengkhawatirkan berbagai hal) dan juga mengajarinya etika dalam berdoa. Betapa kita manusia ini selalu membutuhkan Allah dan bergantung kepadaNya. 
Doa itu juga untuk membangkitkan kesadaran bahwa segala kesehatan rezeki derajat dll itu semua dari Allah semata mata,  bukan karena usahanya.

Buat orang yang lebih tinggi kelas spiritualnya, dia bisa menangkap kasih sayang Allah lewat doa doa itu,  betapa semuanya karena kasih sayang Allah kepada semua makhlukNya.

Di level yang lebih tinggi lagi,  saat dia mengucap doa doa itu dia bukan berdoa untuk dirinya sendiri,  dia sebarkan doa doa itu ke seluruh keberadaan.

Ya masih ada lagi tingkatan yang lebih tinggi,  tapi kurasa yang aku jelaskan sudah cukup untuk dijalani.

Muara dari semua itu adalah mencintaiNya,  jadi kita berdoa ya untuk mencintaiNya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar