Rabu, 01 Mei 2019

Memahami Yang Tersembunyi

25 april 2019
Memahami Yang Tersembunyi
#innuriinspirasi
Setiap hari kita menerima banyak informasi (tulisan, film, video, foto, bisik bisik tetangga dll) yang beredar di sekeliling kita. Dan setiap orang menyikapi itu dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang langsung percaya, ada yang hanya percaya kalau atas rekomendasi ustadz atau ulamanya, ada yang percaya setelah ditimbang-timbang dengan logika dan akal sehat, ada pula yang langsung emosi ... Haha. Eeh... Ada pula yang langsung emosi dan menyebarluaskannya.
Coba ingat-ingat, selama ini sikap yang kalian pilih yang mana?
Tahukah kalian bahwa setiap informasi dibuat berdasarkan niat tertentu, dan niat ini bisa begitu tersembunyi dan bahkan tidak tampak sama sekali, dan tentu tidak dinyatakan dalam kemasan informasi yang kita terima.
Waah... Ada interupsi. Maaf jadi bersambung ya tulisan ini, Innuri mau bungkusin nasi warung ikhlas dulu. Yang mau nyumbang donasi untuk parcel lebaran dhuafa WIM boleh transfer ke BCA Indah Nur Qoriah 3312121317.

26 april 2019
Memahami Yang Tersembunyi (2)
#innuriinspirasi
Lanjut tulisan kemarin ya.
Untuk memahami yang tersembunyi dari segala informasi yang masuk dari kanan kiri depan belakang kita, kita mesti punya bekal hati yang damai dan Allah sentris.
Jangan berpihak pada siapapun, hatinya berpihak kepada Allah saja. Innuri sering menulis, memandang seperti Allah memandang. Bagaimana Allah memandang? ya dengan kasih sayang. Biasakan memandang segala sesuatu dengan kacamata kasih sayang.
Resikonya memandang dengan kasih sayang itu hatinya menjadi damai, jernih. Allah menjadi pemandu bagi hati yang damai. Katakan pada diri sendiri , tugasku hanyalah mengasihi dan sudah.
Adakalanya perlu membuang segala rasa kesal, dan mengajak hati untuk berdamai dengan seluruh manusia. Sampai di hadapan kita bukan lagi manusia yang baik atau jahat, yang benar atau salah, tapi bisa melihat bahwa setiap manusia menempuh perjalanan jiwanya masing masing.
Bila sudah bisa begini, setiap informasi yang kita terima akan menampakkan keasliannya. Sesuatu yang tampil biru, ternyata di belakangnya merah. Atau sesuatu yang biru memang biru, tapi itu dibuat atas dasar dendam dan kebencian. Ada juga informasi yang sifatnya menghipnotis pembacanya untuk mengikuti rancangan besar yang tujuannya merusak bangsa. Ada informasi yang palsu yang tujuannya membunuh karakter seseorang. Banyak sekali dan amat banyak sekali.
Lantas bila kita tahu (baca:dikasih tahu Allah) hal yang tersembunyi itu, apakah yang musti kita lakukan? Minimal membawa semuanya dalam doa doa terindah, agar seluruh manusia menempuh kembali jalan cahaya dan kasih sayangNya. Selebihnya Allah yang akan menuntun, karena setiap hal yang Dia hadirkan, semua atas ijinNya dan kita berperan di dalam skenarioNya.
Adapun yang tersembunyi dari foto itu, Innuri mau ngajak ikutan bikin parcel lebaran buat dhuafa lewat Warung Ikhlas Malang, BCA Indah Nur Qoriah 3312121317.
Salam kasih dari Innuri di Jumat siang yang damai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar