Kamis, 06 Maret 2014

Apa takdir bisa dirubah ?


"Bunda, apa takdir bisa dirubah ya ?", tanyanya di suatu sore saat aku rebahan melepas lelah,  huruf-hurufnya berbaris di kotak chatting di halaman fb-ku.

Bagaimana dia tahu takdirnya kok kepingin dirubah ?
Bila takdirnya baik, apa mau dirubah jadi buruk ?
Itu adalah kumpulan pertanyaan di hatiku.  Tapi yang aku tuliskan sebagai jawaban :" Takdir itu selalu baik, apakah mau dirubah jadi buruk ?"

Lalu dia bercerita tentang betapa beratnya kehidupannya, sudah menanggung hutang, bisnisnya juga tidak jalan.

Takdir itu ketentuan / ketetapan Allah dan tertuang di al quran, sifatnya pasti, seperti pergantian siang dan malam, terjadinya kiamat, proses penciptaan manusia dll.

Termasuk takdir juga hukum-hukum Allah seperti ; bila kita berbuat baik maka akan berbalas dengan berlipat ganda.  Bila kita berbuat baik kepada orang lain, sama saja dengan berbuat baik kepada diri sendiri, dan banyak lagi.  Temukan sendiri di al quran.

Di dalam al quran juga dijelaskan bahwa Allah tidak pernah mendhalimi hambaNya, tetapi merekalah yang mendhalimi dirinya sendiri.  Berarti Allah tidak menakdirkan keburukan bukan ? tetapi manusialah yang menjadikan hidupnya buruk.

Di dalam al quran juga dijelaskan, bahwa setiap perbuatan sebesar zarahpun yang berupa kebaikan atau keburukan, pasti akan memperoleh balasannya.  Berarti bila saat ini mengalami hal buruk, pasti ada hubungannya dengan perbuatan buruk di masa lalu.

Bila kita bertakwa, maka Allah akan memberi jalan keluar dan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka.  Bila kita bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi kebutuhan kita dan rejeki tanpa hisab.

Semua yang aku uraikan di atas, itulah ketentuan Allah atau takdirNya.  Apakah ada yang buruk ? Tidak bukan ? karena Allah Maha Adil dan Maha Kasih Sayang.

Kenyataan yang sebenarnya terjadi, kita melakukan sesuatu yang buruk sehingga mendapat peristiwa / balasan buruk.  Mungkin inilah yang ingin dirubah,  mungkin inilah yang dimaksud dengan merubah takdir, atau yang disebut juga 'doa bisa merubah takdir' .

Bila ingin merubah peristiwa buruk menjadi baik, maka kita perlu banyak beristighfar / memohon ampun kepada Allah, agar Allah mengampuni dan menghapus kesalahan kita dan kitapun terhindar dari hal buruk. Buka di surat Nuh yaa.

Begitulah penjelasan singkatku buatmu sahabat.  Bila ingin merubah takdir, ya tidak bisa, tapi bila ingin kehidupan kita lebih baik di masa depan, ini baru bisa.  Dan bila ngantuk, ya tidur saja ..... hehehe .... yang ini sih pesan buat diriku sendiri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar