Jumat, 04 Maret 2011

Ibu Ga Baca Bismillah Dulu sih !!!!

Siang-siang kudengar karyawan guyon atau sungguh-sungguh aku tak tahu, mereka sambil kerja mengungkapkan perasaannya.
"Demi uang, aku lakukan apapun". Lalu kudengar suara tawa berderai, ga jelas apa yang membuat mereka tertawa.
Kaget juga aku, aku merasa sudah menanamkan pada mereka untuk bekerja karena Allah, sejak berangkat kerja sudah aku tanamkan mereka untuk meniatkannya karena Allah. Di butikpun sudah dibiasakan berdoa dulu dan membaca beberapa ayat Al Quran sebelum bekerja.
Yang namanya rejeki itu sudah dalam jaminanNya, jadi urusan manusia hanyalah bekerja sebaik-baiknya sebagai wujud kepatuhan kita padaNya.

Banyak orang bisa menyebut bismillah saat mulai melakukan suatu pekerjaan, walaupun itu memang lebih baik bila dibandingkan dengan tanpa mengucap bismillah, tapi mengucapkannya dengan pemahaman pasti lebih baik.

Bagiku ucapan bismillahirrochmanirrochiim, yang artinya dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, mempunyai makna yang amat dalam.
Didalamnya ada pengakuan, bahwa kita bisa melakukan semua hal adalah karena ijinNya, karena kasih sayangNya. Karena itu kita melakukan pekerjaan kita dengan penuh tanggung jawab kepadaNya, dan dengan penuh kasih kepada sesama. 
Allah menciptakan kita dengan cintaNya dan ketika kita sudah bisa berbuat untuk sesama, kita menyebarkan cinta itu ke alam semesta.
Di dalam kalimat basmalah itu juga mengandung keyakinan, bahwa kasih sayangNya telah menjamin rejeki kita.  Yang jadi urusan kita adalah bekerja dengan mempersembahkan kemampuan terbaik kita, ga  pakai khawatir akan kekurangan atau tidak terpenuhinya kebutuhan kita. Ingat hukum gaya tarik menarik, bahwa kekhawatiran akan mendatangkan apa yang kita khawatirkan.

Memulai pekerjaan dengan bacaan basmalah sesungguhnya membuat kita tenang, hati dipenuhi rasa syukur, melakukan yang terbaik karenaNya, kita lalui proses dengan bahagia dan memasrahkan hasil padaNya.

Anakku Alni yang masih berusia 5 th, tahu betul kekuatan basmalah.  Suatu saat bermain denganku, aku selalu kalah (sebenarnya mengalah sih), lalu dia dengan lantang berteriak  ;"Ibu ga baca bismillahirrohmanirrochiim dulu sih ".

Mari kita lihat layar kehidupan kita, apakah kita mengalami banyak kesulitan dalam hidup?  Jangan-jangan karena ," Ga baca bismillah dulu sih !!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar