Minggu, 20 April 2014

Check List Aturan Allah


Adalah Windy, karyawanku yang manis, yang bercerita padaku tentang kisah orang-orang malang yang biasa kami santuni beras. Diantara mereka ada yang dahulunya kaya, tapi kemudian bangkrut dan miskin sampai hidup sebatangkara dan makan dari belas kasihan orang lain, sampai sering tidak makan bila tidak ada yang mengiriminya makanan.

"Saudaranya malah ngapokne dia dan tidak merawatnya, karena katanya dulu dia keras kepala dan tidak mau menerima nasehat ", kata Windy menceritakan 'temuan'nya. Ngapokne itu maksudnya membiarkannya biar kapok.

Seperti slide yang aku lihat dalam kehidupan nyata dibentangkan di hadapanku, yang kadang aku lihat sendiri ( seperti yang aku tulis di Bila Tak Pandai Berterimakasih ) atau lewat cerita karyawanku dan eyang Virien.  Semua mengandung pembelajaran, bahwa ketetapan Allah itu pasti, hukum Allah itu pasti, setiap yang melanggar ayatNya, pasti menerima konsekuensi akibat perbuatannya.

Aku menyaksikan hukum-hukum Allah yang tertulis di al quran itu nyata adanya, nyata dan pasti.  Yang memudahkan manusia menemukan formula kehidupannya untuk sukses dan bahagia, sekaligus bisa menjadi check list buat yang sedang terperangkap dalam penjara persoalan, manakah diantara ayat-ayatNya yang dia langgar ?

Ini check list nilai-nilai qurani yang bisa kuingat, coba cek diri kita sendiri :
- sudahkah hati kita penuh kasih sayang dan melakukan segala sesuatu karena Allah (prinsip bismillah) ?
- apakah kita mudah memaafkan kesalahan orang lain ?
- bisakan kita menahan amarah ?
- sudahkah kita bertaubat dan tidak mengulangi kesalahan ?
- apakah kita membalas kejahatan dengan kebaikan ?
- apakah kita gemar berbuat baik ?
- apakah kita bersedekah dalam lapang dan sempit ?
- sudahkah gemar memberi makan fakir miskin ?
- apakah kita orang yang tahu berterimakasih kepada manusia dan bersyukur kepada Allah ?
- apakah kita lebih sering bersabar ataukah suka terburu nafsu ?
- sudahkan kita memasrahkan persoalan kita kepada Allah (tawakal) ?
- apakah kita lebih mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri ? ataukah sebaliknya ? 
- apakah kita melakukan pekerjaan kita dengan penuh tanggung jawab kepada Allah ? ataukah hanya sekedar mencari nafkah/uang ?
- apakah kita sudah bebas dari dosa seperti mencuri, menipu , zina dan taqrobu zina, mengghibah (rasan-rasan/membicarakan hal buruk orang lain), membunuh (termasuk membunuh karier teman, penghasilan teman dll), ..... ?
- apakah kita pemburu materi atau pemburu ridha Allah
- sudahkah hati ini bersih dari rasa iri , dengki, marah, dendam, sakit hati ?
- ......
- ........

silahkan titik titiknya diisi sendiri bila  menemukan nilai-nilai qurani yang lain.

Lakukan pengecekan pada diri sendiri dan pasti terlihat kesesuaian antara hukum Allah dan kenyataan yang mewujud dalam kehidupan. Allah menciptakan hukum-hukumNya dengan benar dan pasti.  Melanggar ayatNya, yang disebut  mbak Andri dengan istilah mbalelo sama Allah , sama saja dengan memilih neraka , neraka yang sudah dimulai di dunia ini.

Semoga check listnya membantu kalian menemukan kehidupan yang diindahkanNya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar