Minggu, 07 November 2010

Sedekah yang Langsung Berbalas

Janji Allah pasti ditepati, bila kita berinfak, maka Dia akan melipat gandakannya, sepuluh kali lipat atau lebih, menurut kebijaksanaanNya.  Inilah kisahku.

Pulang dari memberi pelatihan melukis diatas kain, di tasku ada satu juta lebih uang tunai, honor sebagai trainer hari itu.   Berboncengan sepeda motor dengan karyawanku, menjelang maghrib.  Dia mengajakku mampir sholat dulu di salah seorang saudaranya yang kebetulan rumahnya kami lewati, aku menyetujui ajakannya.

Kami masuk gang sempit, di sebuah rumah yang sangat- sangat sederhana,  ada sebuah toko kecil di depan rumah itu, yang dagangannya tidak banyak.  Ruang tamu hanya beralaskan karpet, yang kalau sore dipakai untuk anak-anak mengaji, pada malam-malam tertentu untuk pengajian bapak-bapak.

 Dari pembicaraan dengan tuan rumah, kutahu keluarga ini mengandalkan ekonomi keluarganya dari toko kecil yang dijaga si bapak yang cacat kakinya karena sebuah kecelakaan, sedangkan istrinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, 3 anak-anak mereka masih sekolah semua. Selebihnya mereka mengabdikan diri untuk agama.

Walaupun baru sekali itu aku bertemu dan mengenal keluarga itu, esok harinya aku kirim limaratus ribu honorku kepada mereka sekeluarga lewat karyawanku.  Aku berpesan agar uang itu dipakai untuk menambah dagangan di tokonya.
Saat memberi itu  sebenarnya aku  sedang memerlukan uang untuk membayar hutangku pada seorang keluarga dekat sebanyak 1,5 juta.  Dengan sengaja aku menunda membayar hutang karena kupikir, keluargaku ini orang berkecukupan, kalau aku bayar hutangku, tentunya uangnya akan disimpan di bank dan tidak memberi nilai untuk orang lain.  Sedangkan bila kuamalkan dulu, tentu akan sangat membantu.

Selang beberapa hari, aku bersilaturahmi ke keluargaku, aku sampaikan bahwa aku belum bisa melunasi hutangku.  Mengejutkan, beliau membebaskanku dari hutang, bahkan anak-anakku mendapat uang saku sebanyak 800 ribu rupiah. MasyaAllah. AllahuAkbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar