Sabtu, 29 Oktober 2011

Terimakasih 'Lima Menit' Yang Berharga

Seorang sahabat menulis di status fbnya yang isinya ngajak shalat dhuha, "... tidak lama, hanya lima menit saja", begitu akhir kalimatnya.

'Hanya lima menit", itu kata-kata sakti bagiku.  Saat kubaca status itu, aku memang sedang melupakan shalat dhuha, karena menunggu seseorang yang mau datang ke butikku. Akupun jadi ingat shalat dhuha, lalu ingin menjalaninya, tapi khawatir si tamu nanti jadi kelamaan nunggu, janjinya jam 9.00 pagi dan ini sudah tiba waktunya.  Untung sahabatku itu mengembel-embeli tulisannnya dengan 'hanya lima menit', akupun bangkit berdiri, ambil air wudhu dan shalat. Duhai ..... terimakasih 'lima menit' yang berharga.

Saat aku SMP, aku pernah mendapat kata 'hanya lima menit' dari bapak guru agamaku, kali ini untuk menggambarkan shalat tahajud yang bisa dilaksanakan dengan singkat.  Bapak guruku itu bilang." Cuma dua rekaat, lalu tidur lagi".  Ajaib!!! kata-kata bapak guru itu ampuh sekali memotivasiku untuk rajin melaksanakan shalat tahajud.

'Hanya lima menit',  tidak lama, tapi betapa besarnya efek lima menit yang kita laksanakan dengan sepenuh hati, memberikan banyak hal kepada kita selama bermenit-menit, berjam-jam, berhari-hari bahkan bertahun-tahun kemudian. 

Kuingat dalam tahajudku yang lima menit saat aku SMP itu, aku sering bermohon agar bisa bersekolah dengan  lancar, bisa membahagiakan orang tua. Kenyataan itulah yang terjadi, sekolah lancar sampai sarjana, dan orang tuapun bangga dengan prestasi-prestasiku.  Saat masih imut itu aku juga sering berdoa agar Allah memberiku suami terbaik yang bisa membimbingku dalam iman, dan begitulah kenyataan yang Allah berikan padaku hingga sekarang.

Efek lima menit shalat dhuha yang bisa kita rasakan mungkin tak sebesar berkah yang Allah berikan yang tak tertangkap oleh indra kita.  Shalat dhuha memberi kekuatan dan keyakinan akan karuniaNya yang amat luas, amat terasa efeknya saat kita berada dalam ujian ekonomi.  Shalat dhuha membentuk 'mind set', bahwa segala sesuatu dalam genggamanNya, memberi keyakinan, sifat sabar, tawakal hingga kita tak usah khawatir akan himpitan persoalan yang tengah mendera.

Hanya lima menit, dan anda merasakan hasilnya selama waktu yang tak terbayangkan oleh kita ....... Mau??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar