Jumat, 07 April 2017

Menghoponoponoin Indonesia

Menghoponoponoin Indonesia (1)
#innuriinspirasi #innurihopono
Bila anda ditanya:"Apa yang terjadi di Indonesia saat ini ?". Apa yang terlintas di pikiran anda ?
Biasanya sih yang terlintas di pikiran adalah sesuatu yang kita baca dan kita simpulkan. Dan sesuatu itu mengantar kita untuk menjadi haters atau lovers.
Coba sekarang sesuatu yang kita tidak sukai, dihoponoponoin.
Meskipun yang kita benci itu adalah sesuatu yang buruk,  bila  dihoponoponoin , maka kita akan bisa melihat banyak hal yang dibukakan Allah sehingga kita tak lagi bisa membenci dan hati kita jadi terasa manis.

Coba saja sekarang, saat membaca berita tentang tokoh nasional yang 'capek deh', kita ambil kesalahannya dan kita ucap 4 frasa kepada Tuhan. Apa yang terjadi di hati ?
Ketika aku melakukannya pada seorang tokoh politik yang dijuluki 'bunglon' , isuk dele sore tempe alias bicaranya plin plan. Ketika aku memohon agar Allah membersihkan , sejujurnya dalam hati penuh harapan agar orang ini bisa berubah menjadi baik. Tapi yang terjadi malah seperti ini, ada visualisasi yang muncul (baca dimunculkan Allah) , ternyata orang itu tidak bisa dipisahkan dengan 'hitam-hitam' kesalahannya , yang artinya dia memilih untuk menyatu dengan kesalahannya. Jadi untuk membersihkannya ya dengan cara 'menghilangkan' orang tersebut. Apa arti menghilangkan dalam konteks ini aku tidak tahu. Cuma bisa nebak-nebak saja , mungkin dengan dihilangkan dari percaturan politik, menjalani hukuman atas kesalahannya atau apa , itu mungkin baru ketahuan nanti saat Allah menurunkan keputusanNya.

Berbeda dengan saat menghoponoponoin tokoh yang bersih. Dengan mudah kekotoran yang tampak hitam bisa terlepas  berguguran, lagipula jumlahnya juga sedikit.

Ya, setiap orang punya kesalahan , termasuk diri kita,  makanya kita perlu membersihkannya setiap hari.

Apakah ho'oponopono yang kita lakukan pada tokoh nasional ngaruh ? Kukira pengaruhnya besar sekali , karena kita bekerja dengan Tuhan, penguasa segala sesuatu di jagat raya ini. Pengaruh nyatanya bisa kita lihat di hati kita sendiri yang tak lagi bisa membenci, hati kita jadi luas dan menjangkau penjuru semesta , menyaksikan hukumNya berjalan menakjubkan.


Menghoponoponoin Indonesia (2)
#innuriinspirasi #innurihopono
Ada teman yang nanya , bagaimana rasanya saat menghoponoponoin kasus e ktp ? Aku jawab begini : "Haha ... pertama ragu ragu ... dosa segede itu kok diblegne ke aku 😂😂😂
Tapi saat dilakukan , muncul rasa kasih sayang karena mereka adalah orang yg tersesat , jadi ya kita musti nolong dg membersihkannya .
 Trus bisa merasakan bila kasus yg rumit itu nanti Allah akan alirkan dalam penyelesaian terbaik agar semua kembali dalam kasih sayangNya.
 Jadi enaaaak gitu di hati. Gak ada rasa benci atau menyalahkan.
Jadi kita gak doain agar dapat hukuman dll dll ... tapi bila nantinya mereka dihukum ya itulah proses pembersihan yang harus mereka jalani. Kita doakan lagi agar bisa menjalani hukuman untuk kembali dalam kasih sayang Allah ". Ibarat Indonesia itu satu individu yang gedeeee dan kita adalah sel-sel yang saling terkait satu sama lain. Ketika ada bagian sel yang rusak , yang sehat akan memberikan energinya untuk memperbaiki sel yang rusak.
Bila kerusakannya parah dan dokter memutuskan harus membuang sel tersebut , ya sudah , ikhlas saja dan kita iringi kepergian sel yang rusak dengan doa dan tatapan kasih sayang. Mungkin begitu ibaratnya.

Koruptor tak perlu dibenci , karena kebencian tak memperbaiki apapun.  Dihoponoponoin aja (baca didoain) agar semua kembali dalam kasih sayang Tuhan.


Menghoponoponoin Indonesia (3)
#innuriinspirasi #innurihopono Boleh dishare tanpa ijin.

Kegiatan pagiku sehabis shalat subuh adalah buka al quran , buka internet , baca-baca berita , status teman , nulis . Semuanya aku lakukan sambil pakai konsep segitiga alias menghubungkan hati dengan Allah alias mendoakan semuanya dan diriku sendiri , kadang aku hoponoponoin juga.

Entah sudah berapa pagi , ketemunya sama berita sekelompok orang menyerang pembangunan gereja , semen kaki , anak yang menuntut ibunya. Semua bikin gemes ... Berita-berita seperti itu dulu aku hindari saja , 'delete post' dan beres.  Tapi apa yang tertinggal di hatiku saat melakukannya ? Ternyata itu tak otomatis membuat beritanya ter'delete' dari hatiku , yang tertinggal di sana malah rasa tidak suka walau yang terbaca baru judulnya saja , kadang juga jadi kebencian.
Tapi apakah kebencianku bisa memperbaiki keadaan ? Bahkan keadaan hatiku sendiripun tak bisa aku perbaiki , malah mengotorinya dan kotoran itu melekat di hatiku entah sampai kapan.

Akhirnya alih strategi saja ... hehe. Pakai strategi rahmatan lil alamin. Semua didoakan , dipasrahkan Allah dan merengkuh semua dalam cinta kasih.
Ho'oponopono itu bagiku berdoa dengan cara yang unik. Bayangkan aku menarik kesalahan banyak sekali orang yang beringas menyerang gereja , di hadapan Allah aku mengambil alih kesalahan itu lalu memohonkan ampunan dan cintaNya. Kelihatannya berat sekali dan membebani hati.
Tapi saat itulah Allah mengantarkanku pada posisi nol , membukakan pemahaman baru sekaligus diberi kesempatan untuk membersihkan program salah tersebut.  Bagiku keren sekali , aku bekerja dengan Allah dan tak ada yang tak mungkin bagiNya. Allahlah pemegang kendali segala sesuatu yang terjadi di dunia ini.

Saat melakukannya, aku berasa masuk ke dalam sel-sel yang sakit , hitam-hitam semua. Dan bagaimana perasaan kalian saat menengok saudara yang sakit parah ? Itulah perasaanku, kasihan banget dan mencoba kurengkuh dalam cinta kasih.
Saat rasa cinta itu ditumbuhkan Allah di hatiku , saat itu aku merasa semuanya akan membaik.
Hanya cinta yang bisa memperbaiki apapun , karena cinta bekerja dengan Tuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar