Sabtu, 22 April 2017

Mengelola Ego

Mengelola Ego
#innuriinspirasi #innuriproduct #innurihopono
Buat yang bertanya tentang ego, kusarankan lakukan dulu ho'oponopononya , nanti Allahlah yang menuntun untuk memahami bila sikap hatinya sudah benar mengarah pada Allah. Tanpa mempraktekkan , jawaban gamblang dan jelaspun akan sulit difahami. Karena ini pelajaran hati.

Ego tak selalu buruk.  Penting untuk mengenali dimana kita menempatkan ego dengan tepat.

Ketika aku kepingin tempe penyet lalu menyuruh pembantu membuatkannya, ini juga ego. Mungkin di dalam tubuhku sedang membutuhkan asupan gizi yang terdapat dalam  tempe penyet hingga otakku menerjemahkannya berupa keinginan dan mulutku mengucap permintaan untuk mewujudkan keinginan itu.

Tapi ketika aku marah-marah kepada pembantu yang membuat sambalnya kepedasan, ini juga ego. Ego yang harus dilepaskan ya ego macam ini. Ego yang membuat orang lain merasa tidak nyaman, yang di tingkatan tertingginya akan semakin halus dan semakin lembut.

Dalam perjalanan spriritual seseorang, semakin tinggi tingkatannya , ego jenis kedua ini pada akhirnya hilang dengan pertolongan kasih sayang Allah. Dengan hilangnya ego, maka cinta kasih Tuhan yang bekerja di dalam dirinya. Inilah yang membuat kehidupan seseorang menjadi luar biasa.
Tuntunan al quran untuk selalu menjadi orang yang taqwa adalah tuntunan untuk melepas ego. Dimana ciri orang yang bertaqwa adalah selalu memohon ampun yang berarti mengakui segala kesalahan dan tidak mengulanginya lagi, menahan amarah, selalu memaafkan kesalahan orang, bersedekah dalam lapang dan sempit dan selalu berbuat baik.
Banyak lagi tuntunan al quran yang membuat kita musti melepas ego, seperti jangan mencela orang lain dan jangan mencari-cari keburukan orang lain, jangan bergunjing , jangan memfitnah , jangan berkata dusta , anjuran untuk  membalas keburukan dengan kebaikan.

Ada hukum qisash dalam al quran, tapi disertai embel-embel , bila  memaafkan dan melepas hak qisash maka itu lebih baik. Ini adalah pelajaran penting tentang melepas ego yang membuat kehidupan menjadi luar biasa.

Ho'oponopono merupakan ayat Allah di alam semesta. Cara ini amat membantu dalam melepas ego. Coba saja, biar hatinya yang belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar