Sabtu, 22 April 2017

Antara Dosa , Kesalahan dan Program Bawah Sadar

Antara dosa, kesalahan dan program bawah sadar
#innuriinspirasi #innuriproduct #innurihopono

Ada yang bertanya begini : "Kalau ho'oponopo untuk membantu membersihkan dosa orang lain sedangkan dosa diri sendiri merasa banyak, manakah yang lebih penting untuk didahulukan ? "

Bukan membersihkan dosa. Tapi membersihkan program (memori bawah sadar). Dalam hoponopono , apa yang terjadi di luar diri adalah refleksi dari dalam diri . Semua penting untuk dibersihkan.

Dosa dan kesalahan itu berbeda, kesalahan belum tentu dosa. Kesalahan program lebih beda lagi.
Contohnya begini, ada seorang wanita yang di masa kecilnya  mendengar berkali-kali kalau lelaki itu tidak bisa dipercaya. Anggapan ini nancep banget sampai dia percaya. Tanpa dia sadari konsep itu tertanam di bawah sadarnya.
Maka ketika dia mendapatkan pasangan yang tidak bisa dipercaya, ini adalah refleksi dari pikiran bawah sadarnya. Maka untuk membersihkan program itu , dia tak boleh menyalahkan pasangannya. Semua kesalahan pasangan musti dia ambil alih dan dia bersihkan dengan mengucap 4 frasa kepada Tuhan.
Mungkin kedengarannya aneh , pasangan yang berselingkuh , dia yang mengaku salah dan memohon ampun kepada Tuhan. Tapi inilah prosedur yang musti dilalui agar bisa melepaskan ego. Saat bisa melepaskan ego , maka cinta dan  inspirasi dari Tuhan akan hadir di hati . Program yang salahpun bisa diperbaiki. Disini terdapat doa yang makbul.
Hasil yang luar biasa memang diawali dengan perjuangan, dan perjuangan melepas ego itu memang berat.
Contoh lainnya , ketika kita dimaki-maki orang. Kita syukuri saja hal itu, karena itu adalah refleksi dari dalam diri. Maka kita tak perlu sakit hati, ngedumel atau membalas dengan caci maki juga. Mungkin di dalam diri kita ada program 'dimaki-maki' yang perlu dibersihkan. Maka kita ambil alih kesalahan orang itu , lalu kita bersihkan dengan 4 frasa agar tak ada lagi kenangan yang terulang.  Mudah dan ajaib .
Semoga bisa difahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar