Minggu, 31 Juli 2011

Ramadhan Ini Anda Mulai Dari Mana?

Memasuki ramadhan malam ini, mas Hary dan Insan larut dalam kebahagiaan malam pertama tarawih.
Aku dan Alni di rumah saja, aku sedang haidh dan Alni baru saja turun demamnya.

Memasuki ramadhan, seperti memasuki salon kecantikan lahir batin.
Aku memulai "perawatan" diri tadi sore.
Saat bertemu dengan seorang anggota keluarga yang rasa irinya padaku begitu kentara . Aku tak tahu apakah salahku, bahkan dia seakan-akan menjauhkan anak-anaknya dariku, padahal aku amat rindu dan menyayangi mereka. Dia juga telah menyakiti ibuku begitu dalam, sedang dia selalu merasa benar.

Sore tadi kubertemu dia di rumah ibu di Ngantang, kutepis jauh-jauh rasa kecewa, kubuang segala sakit hati dan berbagai pertanyaan 'mengapa atau apa salahku?'.  Kumaafkan dan aku berdoa dengan tulus kepada Allah, agar Allah mengampuni kami semua dan mengutuhkan keluarga kami lagi.
Setelah doaku, aku menjadi tahu, bahwa mencari-cari dimana sumber kesalahan , itu tak akan memberi kontribusi apa-apa pada permasalahan kami.
Hanya maaf dan kasih sayang yang tulus yang bisa menjawab segala perselisihan di antara keluarga.

Malam ini, ya Allah.
Telah kumulai ramadhanku dengan hati lapang, penuh maaf dan cinta.
Ijinkan aku berada dalam naungan ramadhan yang indah dan menyelesaikannya dengan meraih kemenangan.

Sahabatku,
Ramadhan yang indah ini, dari mana kalian memulai 'perawatan' diri ?

1 komentar: