Minggu, 17 Juli 2011

Minggu yang Indah

Minggu dalam kesendirian, cuma dengan Alni.
Mas Hary ke Jakarta, pameran dengan Yudi.  Insan main ke temannya.

Minggu ini begitu sunyi, kulalui dengan bermain bersama Alni.
Kadang Alni menonton tivi, sementara aku mendengarkan lagu nostalgia dari youtube.
Senangnya bisa menemukan lagu jadul, Titik Hujannya Marini dan Cinta Putihnya Titik Puspa. Bahkan bisa jumpa dengan Ernie Johan dan Tetty Kadi, dua penyanyi ini kondang waktu aku masih imuuut banget, mungkin waktu awal-awal aku masuk SD. Kalau Marini sih terkenalnya waktu aku SMP, jadi lagunya masih aku ingat.

Siang bapak datang dari Ngantang, katanya besok mau kontrol ke  RS Abdurrahman Saleh.
Sore hujan turun dengan manis, hujan pertama sejak beberapa lama panas terik.
Bau air hujan begitu harum....
Film di tivi juga film anak-anak yang manis, hercules, lalu george si raja hutan.
Selepas hujan aku dan Alni belanja ke minimarket KUD sebelah rumah, bau tanah basah dan air hujan tergenang di beberapa tempat, menghadirkan kehangatan.

Di minggu yang tenang, saat bermain mengajari Alni membaca dengan metode bunyi,  tiba-tiba muncul lagi perasaan gelisah... Seharian aku seperti merasa membuang waktu, tak ada yang berguna untuk kupersembahkan kepada Allah.
Tapi di menit itu aku serasa mendapat jawaban Allah di hatiku.  Bahwa inilah tugas yang Allah amanahkan padaku, sebagai wanita dan sebagai ibu.  Tugas yang menyenangkan, mengasuh bocah cantik yang aduhai lucunya..... Mengajarinya berbagai hal adalah tugasku.

Ibadah bukan hanya ibadah khusus, seperti shalat, dzikir, puasa, haji. Mengasuh anakpun ibadah... mengapa aku tidak menyadarinya? 
Mendengarkan musikpun ibadah, bila musik yang didengarkan makin memperhalus perasaan, dan membuat kita makin mengingatiNya.
Melihat tarianpun ibadah, bila saat melihatnya kita jadi bertasbih, betapa Allah telah menciptakan manusia berbangsa-bangsa, bersuku-suku, beraneka ragam budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar