Selasa, 29 November 2011

Dicuekin? Siapa Takut .....

Hari Sabtu ini, aku diundang mengikuti seminar "XYZ" di sebuah hotel di Malang.  Karena undangannya untuk dua orang, aku mengajak ustadz Virien menemaniku.

Tak kuduga, eyang (panggilan sayangku untuk ustadzku itu) banyak bertemu kenalan-kenalannya di forum ini. Diantara mereka ada yang pernah ngaji bareng eyang dan ada pula Gus (putranya Kiai). Kucoba bersikap ramah pada mereka, dengan mengatupkan kedua tangan dan sedikit menekuk kedua lututku aku memperkenalkan diri kepada mereka ........ dan ...... mereka hanya melihatku sekilas tanpa kata, lalu aku dicuekin ........hahahaha...

Seusai acara, aku curhat sama eyang ,"Kok mereka sikapnya gitu ya sama aku? padahal kita kan sesama muslim dan katanya kita dianjurkan bergaul dengan orang-orang shaleh. Aku kan kepingin bergaul dengan orang saleh?  Tapi rasanya aku mendapat penolakan dari mereka".

"Mengapa risau dengan sesuatu yang berada di luar diri kita?", jawab eyang, sebuah kalimat yang membuatku berfikir, iya ya, mengapa risau dengan hal diluar diri yang kita tak bisa mengendalikannya?  Lebih baik fokus ke dalam diri, siapapun tak pernah bisa melukai hati kita bila kita tidak mengijinkannya.  Semoga Allah mengampuniku dan mengampuni mereka yang telah bersikap cuek kepada orang yang ingin bergaul dengan orang-orang shaleh.

"Bunda tahu, kita tidak bisa menilai orang shaleh dari penampilannya atau dari keturunannya atau dari pendidikannya yang pondok pesantren .... Letak keshalehan itu di dalam hati.  Bahkan kiai yang orientasinya keduniawian itupun banyak.  Banyak bukan berarti semuanya lo .... ", kata eyang.

Seperti sebuah 'paket pelajaran' buatku, sepulang dari seminar aku membeli majalah Femina. Sewaktu kubuka di rumah, aku menemukan kalimat ini :

"Jangan marah bila orang lain tidak bersikap menghormatimu, karena kebencian hanya akan menggerogoti hatimu dan membuatmu lemah " (Will Smith, aktor)

Sungguh, setiap peristiwa dalam hidup ini adalah alat komunikasi Allah dengan manusia. 

Terimakasih ya Allah akan semua pelajaran dan peristiwa yang Engkau berikan padaku hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar