Kamis, 22 Desember 2011

Batas Kesabaran

Sejak dari sekolah dasar hingga segini tuanya, kita kenal pokok-pokok agama Islam adalah rukun iman dan rukun islam.  Rukun berarti sesuatu yang harus ada atau wajib pada tiap-tiap diri seorang muslim.  Rukun / wajibnya umat Islam adalah syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji bagi yang mampu.

Pernahkan kita merujuk pada Al Qur'an tentang kewajiban-kewajiban yang semestinya kita jalankan sebagai orang yang beriman selain rukun-rukun yang telah begitu kita kenal itu?

Simak ayat ini :
QS. Luqmaan [31] : ayat 17
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Simak baik-baik ya,  apa saja hal yang diwajibkan di ayat tersebut?  Hmmm .... pinter...... hal yang termasuk diwajibkan adalah : mendirikan shalat, menyuruh manusia mengerjakan yang baik, mencegah manusia dari mengerjakan yang munkar dan bersabar terhadap apa yang menimpa kamu.

Bila ada orang bilang, sabar itu ada batasnya.... katakan saja bahwa sabar itu wajib, maka batas sabar itu yaaaa tak berbatas... hehehe ..... hingga pertolongan Allah datang.

QS. Al-Baqarah [2] : ayat 214
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.

QS. Al-Baqarah [2] : ayat 153
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Tuh kan ? sudah jelas kan makna ayat diatas? Siapa mau Allah besertanya (beserta = mendampingi terus menerus) ya  sabar saja.  Sabar itu indah, karena orang yang sabar selalu bersama Yang Maha Indah, sabar itu membuka rejeki karena kita selalu bersama Ar Razaq, sabar itu membuka karunia Allah yang lebih luas karena kita bersama Al Wasii (Yang Maha Luas Karunianya), sabar itu membuat kita menjadi orang yang menang karena kita selalu bersama Al Muizzu, sabar itu membuat kita menjadi orang yang lapang dada, lapang rejeki karena kita selalu bersama Al Basith, sabar itu menjadikan kita menjadi orang yang mulia dan berkedudukan tinggi karena kita bersama Al Aliyyu .........

Sabar itu membuat kita memiliki banyak hal karena kita bersama Sang Pemilik Segalanya.  Mauuu????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar