Sabtu, 30 Maret 2013

Biar Gak Susah Dibilangin

Ini tentang usaha kita mengajak orang-orang yang kita sayangi menjadi lebih baik.  Pernah kan mendengar orang bilang begini :
" Anak kok susah dibilangin .... ".
"Sudah gak kurang-kurang usahaku nasehatin dia, tapi yang dinasehatin malah ...... ".
"Sudah dijelaskan berkali-kali kok nggak faham-faham".

Hmmm ..... mudah-mudahan yang bilang seperti itu tidak lupa bahwa yang menggenggam hati manusia adalah Allah, jadi cuma Allah yang berhak menginterverensi hati manusia, termasuk hati anak-anak dan pasangan hidup kita.

"Harus lebih keras doanya daripada usahanya bunda", begitu kata ustadz Virien bila aku mengeluh tentang susahnya mengatur karyawan.
"Sebut nama mereka dalam doa-doa bunda", lanjutnya, aku melongo ....

Faham aku, yang namanya berusaha mempengaruhi orang lain ke arah yang menurut kita lebih baik itu meliputi usaha lahir dan usaha batin.  Lahirnya berupa omongan dan contoh, batinnya berupa doa.

'Memahami'  termasuk dalam usaha batin juga, karena dengan memahami kita jadi lebih tahu musti memulai dari mana. 'Memahami'  juga bukan pekerjaan mudah loh, musti memohon petunjuk Allah agar terbuka pengertian-pengertian yang dulunya masih gelap bagi kita, apalagi yang kita fahami manusia.

Dalam usaha memahami ini, kita musti merendahkan hati dengan menjadi pendengar yang baik, saat mendengar itu hubungkan hati dengan Allah dan mohon petunjukNya.  InsyaAllah semuanya menjadi lebih mudah dan lebih indah dijalani.

Siap mencobanya?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar