Rabu, 20 Juni 2012

Sebuah 'Clue' di Surat Al Mulk

Sesungguhnya al qur'an itu petunjuk, sebuah 'guide' untuk mencapai kebahagiaan, tapi sedikit sekali orang yang memahaminya.  Mudah-mudahan kita termasuk dalam jumlah yang sedikit itu.

Salah satu 'clue' aku temukan di surat Al Mulk ayat 1 :  Maha suci Allah yang ditanganNya segala kerajaan.

Ayat ini adalah ayat yang hebat sekali dalam memotivasi kita untuk berani bermimpi.
Coba hubungkan kata per katanya, maha suci dan kerajaan ......disini kita menemukan sebuah 'clue', bila kita menginginkan sebuah kerajaan maka syaratnya kita musti suci. 
Silahkan bermimpi tentang sebuah kerajaan, kerajaan bisnis, kerajaan rumah tangga yang bahagia, kerajaan pemerintahan (menjadi pejabat) ....... dll dll.

Setelah bermimpi, untuk mencapainya syarat yang diminta yaitu suci.  Suci disini berarti suci sejak awal hingga akhir, suci dari niatnya, suci dalam pelaksanaannya, suci dalam arti mengikuti petunjuk al qur'an dalam seluruh kehidupan kita, dan tetap menjaga kesucian ketika semua mimpi telah tercapai.

Diantara suci dalam melaksanakannya adalah menunaikan zakat, ada yang berpendapat 20% dari net profit (dianalogikan berdasarkan QS 8:41).

'DitanganNyalah segala kerajaan', maksud kalimat ini jelas sekali bahwa di tangan Allahlah segala kerajaan, maka bila kita bermimpi tentang sebuah kerajaan, yang harus kita dekati ya Allah saja. Bila menyadari hal ini, maka kita tak merasa perlu melakukan hal-hal yang menyimpang dari kebenaran seperti 'menjilat', 'menyogok', melakukan money politik dll untuk sebuah kedudukan atau jabatan.

Lagipula, bila niat kita suci karena mencari keridaan Allah, kita akan tertuntun untuk menempuh jalan yang suci saja, inilah jalan yang paling nikmat untuk mencapai kesuksesan.

Ada perbedaan antara suci dengan merasa suci..... kadang kita sudah merasa melakukan sesuatu dengan benar, tapi kok tak kunjung mendapatkan hasil.  Hmmm ..... baca dan baca lagi al qur'an, pasti ada yang salah dalam diri kita dan kita harus selalu memperbaikinya. 

Semakin kita mendalami ayat-ayat yang lain di surat al mulk, maka kita akan semakin menerima banyak hal, banyak petunjuk dan banyak motivasi sampai hati kita bisa merasakan betapa Maha Agungnya Allah yang telah menurunkan al qur'an dengan kasih sayangNya yang tak berbatas .......

(bersambu ng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar