Sabtu, 08 September 2012

Doa Yang Cerdik

QS. Al-Hadiid (Al-Hadid) [57] : ayat 23
[57:23] (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

Kemarin aku menaruh uang seratus ribuan di dompet, dan cuma seratus ribu itu uang yang aku taruh di dompetku.  Uang itu rencananya mau aku gunakan untuk membayar uang arisan di perumahan.

Dari butik diantar To  meluncur ke rumah, bersih-bersih dan ngenet sebentar, sebelum pulang aku sempatkan mampir ke rumah bu Sri untuk mengantar uang arisan seratus ribu.  Eh, lah kok di rumah bu Sri. uang di dompetku gak ada, kubuka bolak balik itu dompet, tetap kosong ...... tuduhanku langsung kutujukan pada thuyul !!!  Huuuh !!!  Seratus ribu kan banyak untukku saat ini.

Bila aku berdoa agar uang seratus ribuanku dikembalikan sama Allah, lalu doaku terkabul, aku akan mendapat uangku kembali, tapi ya cuma mendapat seratus ribu, gak lebih gak kurang.  Kalau aku berdoa dengan lebih cerdik gimana ya ?  Baik, aku akan coba.  Lalu aku berdoa begini : ya Allah, gantilah uangku yang hilang dengan lebih banyak dan lebih baik.

Alhamdulillah, doaku terkabul.  Keesokkan harinya (hari ini) aku mendapat transaksi jutaan !!!  Ini suatu hal yang luar biasa mengingat biasanya butik belum ramai setelah  lebaran, masih di bulan syawal lagi.

Nah, enakan nurut sama perintah Allah di al quran, bahwa kita jangan bersedih terhadap apa-apa yang luput dari kita dan jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikanNya pada kita. Trus gimana sikap terbaik? ya bersyukur saja yang banyak. Dan berdoalah dengan cara yang cerdik sepertiku.

Mungkin ada yang menyangkal begini :" Kan cuma seratus ribu, kalau yang hilang jutaan atau puluhan juta? mana bisa semudah itu ikhlas?".

Begini saudara saudara, bagi Allah mengganti uang seratus ribu atau seratus milyarpun, semua sama mudahnya, sama entengnya .....  lah wong menciptakan alam semesta yang sangat sangat complicated ini mudah saja bagi Allah, apalagi cuma mengganti uang jutaan, puluhan juta atau ratusan juta ..... itu mah , keciiiiiiillll saja.

Makanya mudahkan hati untuk ikhlas saat kita kehilangan dengan jalan apapun, mungkin kehilangan karena ditipu orang, karena usaha merugi, karena  thuyul, karena dhemit..... eh ... hehehe .....

Mudahkan juga untuk ikhlas saat kehilangan dengan jumlah berapapun, kecil atau besar, itu sih cuma beda di angka nolnya saja..... Pikirkan tawaran menarik dengan bermodalkan doa-doa kita,  kalau kehilangan seratus ribu diganti dengan jutaan, kalau kehilangan jutaan diganti dengan puluhan juta, kehilangan puluhan juta diganti ratusan juta, kehilangan ratusan juta diganti dengan milyaran, kehilangan milyaran diganti dengan trilyunan........Mau ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar