Rabu, 15 Juli 2015

Mereka Yang Mendapat Lailatul Qadar


Dear Allah lovers,

Berada di penghujung ramadhan, di hari terakhir puasa , bagaimana perasaan kalian ? Sudah mendapat lailatul qadar ? Hmmm .....

Tulisanku Memantaskan Diri Untuk Lailatul Qadar , menghasilkan tulisan lagi Tips Agar Mudah Memaafkan , seperti trilogi ...  :D , tulisanku sekarang ada hubungannya dengan kedua tulisanku terdahulu. Eh, juga jangan lupa membaca dulu Malam Turunnya Al Quran .... jadi tetralogi dong ya .... Keempatnya saling terkait , agar mendapat pengertian yang utuh.

Orang yang mendapat lailatul qadar adalah orang yang dipilih Allah, jadi bisa siapa saja asal dipilih Allah.  Kadang mereka yang dipilih Allah itu orang yang ahli ibadah dan rajin menyucikan dirinya lahir dan batin , kadang orang yang dipilih itu orang yang membaca al quran saja masih grathul grathul ... hehehe, kadang yang dipilih Allah itu orang yang masih banyak dosa dan hatinyapun masih sangat kotor, lalu Allah menyucikannya di malam itu dan mengganti hatinya dengan hati yang suci dan penuh kasih sayang.  Semua itu hak mutlak Allah.

Bisa jadi dengan sebuah kebaikan kecil yang dilakukan, seorang pendosa bisa mendapat lailatul qadar yang merubah seluruh hidupnya menjadi penuh kebaikan, kesucian dan kemuliaan, itu hak Allah.  Jadi lakukan kebaikan besar atau kecil untuk Allah terus menerus di sepanjang usia kita , agar Allah berkenan menurunkan ketetapan (qadar) yang baik dan mulia untuk kita di malam lailatul qadar.

Bagaimana tanda-tanda malam lailatul qadar sudah banyak yang menuliskannya , silahkan googling saja , aku mau membahas tanda-tanda orang yang mendapat lailatul qadar yang antara lain seperti ini :
- tercerabutnya segala perasaan negatif seperti sakit hati, dendam , iri, dengki , marah, kecewa, sedih dan khawatir. Allahlah yang menghilangkan segala perasaan itu tanpa usaha, seiring dengan hadirnya perasaan damai yang tiba-tiba mak nyeeesss , turun begitu saja dengan kehendak Allah
- tergantikan dengan rasa kasih sayang yang begitu mendominasi hatinya, rasa kasih sayang itu menghasilkan rasa bahagia dan pengabdian pada Allah.
- perasaan yang menyatu dengan alam semesta , bisa merasakan getaran alam dan dzikir alam raya
- kehidupannya menjadi harmonis dengan lingkungan

Malam lailatul qadar disebut juga malam penetapan, malam turunnya al quran dan malam kemuliaan , korelasi antara penetapan , turunnya al quran dan kemuliaan, bila digabung, adalah malam turunnya al quran ke hati seorang manusia  sehingga manusia itu ditetapkan Allah sebagai orang yang punya kedudukan mulia di sisiNya.

Dijelaskan dalam al quran bahwa pada malam itu malaikat dan ruh turun ke bumi,  merekalah yang menurunkan al quran itu ke hati manusia , manusia yang ditetapkan Allah menduduki 'jabatan' tertentu di alam.

Itulah mengapa banyak hadits yang menganjurkan agar kita berusaha mendapatkan malam lailatul qadar, karena 'jabatan' dan 'kedudukan' di alam semesta ini adalah sebuah jabatan yang prestisius, entah sebagai apa , yang jelas berada di dalam struktur pemerintahan Allah Yang Maha Agung.

Para 'pejabat' dalam pemerintahan Allah ini bila dilihat dari kesehariannya barangkali hanya orang yang biasa-biasa saja, tapi mereka punya kedudukan mulia di sisi Allah.  Mereka bisa jadi orang yang terkenal di bumi dan terkenal di langit , tapi jumlah yang seperti ini sedikit sekali, kebanyakan mereka adalah yang tidak terkenal di bumi tapi terkenal di langit. 

Aku bilang bahwa mereka adalah pejabat Allah di alam semesta, bukan di bumi , karena hanya kaki mereka yang menginjak bumi, sementara pengaruh mereka sampai ke langit, hanya fisik yang berada di bumi, jiwa mereka mempengaruhi alam semesta.

Semoga kita adalah salah satu dari mereka.

Salam manis

innuri

2 komentar:

  1. Sudah setahun terakhir sy kenal blog ibu dan senantiasa mengikutinya karena banyak sekali manfaat yg sy peroleh dari tulisan2 ibu. Walau sering kali sulit bagi saya untuk menerapkan berbagai ilmu tentang kehidupan yg ibu ajarkan. Semoga ibu senantiasa diberkahi Allah..
    Dan boleh ya bu request..
    Sekiranya berkenan mohon nasehat tentang menyikapi rumah tangga yg sdh lama tapi belum dikaruniai keturunan.
    Saya sudah menikah 13 th blm punya anak
    Terima kasih ya bu...
    IRT di Gresik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasehatnya : selalu bersyukur dengan kondisi yang ada, berdoa tanpa kenal lelah dan yakin bila Allah pasti memberi , doa yang diiringi perbuatan baik dan mentaati aturanNya, bangun perasaan yang selalu bahagia , doakan anak-anak yang ditemui menjadi anak-anak yang saleh dan salihah. Semoga segera hamil yaa. Salam sayang dariku.

      Hapus