Rabu, 15 Juli 2015

Tips agar Mudah Memaafkan


Dear Allah lovers,

Ada yang curhat padaku , katanya susah banget menghapus perasaan dendam, terutama pada seseorang yang telah melukai perasaannya begitu dalam dengan kata-kata yang tidak pantas.  Sulit melupakan apalagi memaafkan, padahal dia sendiri ingin bisa melupakan dan memaafkan.

Ingin memaafkan tapi tidak bisa , apakah ada yang mengalaminya ?

Kadang seseorang perlu memberikan berbagai argumentasi untuk dirinya sendiri agar bisa memaafkan, sementara bagi orang lain begitu mudah melakukannya.  Tiap orang punya kondisi yang berbeda.  Tapi yang harus disadari adalah yang bisa mencerabut perasaan dendam dan sakit hati itu adalah Allah, bukan usaha kita.  Tapi kita sendiri harus berusaha , karena itu adalah perintahNya.

Diantara usaha yang bisa kita lakukan adalah :

- menyadari bahwa kita juga membutuhkan maaf orang lain
- kita juga membutuhkan ampunan Allah dan dengan memaafkan orang lain , Allah bisa membuka ampunanNya untuk kita (ada di surat At Taghabun)
- menyadari bahwa memelihara perasaan sakit dan dendam adalah seperti menyimpan sampah di dalam hati kita sendiri, sampah yang akan mendatangkan lalat (peristiwa tidak enak) dalam kehidupan kita.
- membuang dendam dan sakit hati sama dengan membuang kesialan untuk diri kita sendiri yang berarti telah memberi jalan untuk kebahagiaan kita sendiri
- berdoa memohon pada Allah dengan penuh kerendahan hati

Dicoba ya sobat , semoga Allah berkenan mencerabut perasaan sakit hati dan dendam dari hati kita semua.

Salam manis dari Karangjati Ngawi (mudik ke mertua nih)

Innuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar