Jumat, 20 Januari 2012

Bila Melihat Cewek Cantik lalu ....

Aku punya seorang sahabat yang pernah bercerita padaku, bagaimana dia mudah sekali tertarik bila melihat cewek cantik dan suka membayangkan yang enggak-enggak .... Padahal istrinya cantik lo !!! Gak sopan banget yaa....
Tapi yang aku hargai, dia ini kepingin berubah, kepingin jadi baik soalnya sudah tua katanya.... hehehe... Duh, kok nunggu tua baru mau berubah yaa, untungnya Allah gak peduli muda atau tua, siapapun yang bertobat pasti mendapat ampunanNya.
Cuma, prosedur untuk tobat itu yang musti dia lalui, dan berapa lama dia bertobat hingga mendapat ampunan Allah itu yang kita nggak tahu ....

Langkah pertama telah dia tempuh, yaitu menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah larangan Allah.

QS. Al-A'raaf (Al-A'raf) [7] : ayat 33
[7:33] Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa*alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui."

Ayat itu menegaskan haramnya perbuatan keji yang tampak atau yang tersembunyi, jadi zina mata lalu zina hati itu termasuk perbuatan keji yang tersembunyi.  Gak ada yang tahu kalau dia membayangkan yang enggak-enggak kecuali dia sendiri dan Allah.

Bila kita gali lebih dalam, larangan Allah itu semata-mata untuk kebaikan kita, untuk kebahagiaan dan kesuksesan kita di dunia dan di akhirat.  Semakin banyak ilmu-ilmu Allah terkuak, semakin jelas hikmah yang tersembunyi dibalik larangan Allah ini.

Kekuatan hati telah terbukti lebih unggul 88% dibandingkan kekuatan pikiran yang hanya 12%, sedangkan kekuatan fisik amat terbatas.  Bila hati yang kuat ini kita gunakan untuk hal-hal yang tidak berguna/hal negatif, jadilah virus yang merusak hati, maka potensi kita melemah dan menghambat kesuksesan kita. 

Bila virus influenza menyerang tubuh, hasilnya terlihat jelas, badan kita lemah, meriang, pikiran tidak bisa fokus.... Tapi bila virus 'perbuatan keji' menyerang hati, secara fisik kita tak merasakan apa-apa, tapi coba amati hati kita, apakah hati jadi dekat dengan kebahagiaan atau dekat dengan kegelisahan ?

Percaya atau tidak percaya, kita terikat hukum Allah (sunatullah), bila di dalam hati kita ada penyakit dan kita memeliharanya, sama saja dengan menghalangi diri kita sendiri untuk sukses dan bahagia.  Hanya orang bodoh yang menghalangi dirinya sendiri untuk sukses bukan?

Ingat juga, yang hobby menyebarkan virus di hati manusia itu adalah setan, diantaranya membangkitkan angan-angan kosong, padahal setan adalah musuh yang nyata, jangan mudah ditipu olehnya, jangan dijadikan teman dan jangan dituruti bisikannya.

QS. An-Nisaa' (An-Nisa') [4] : ayat 120
[4:120] Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.
 
Untuk sahabatku itu dan untuk siapa saja yang masih suka lirak lirik cewek, aku posting tulisan bapak Syamsul'alam yang berjudul "Menahan Pandangan", cari sendiri di blog ini yaaa, artikel di bulan january juga kok.
 
Sekarang musti berubah, bila dulu melihat cewek cantik lalu membayangkannya.... sekarang bila melihat cewek cantik, ingat Allah, ingat nikmat-nikmatNya, ingat kesuksesan yang Allah inginkan buat kita, ingat anak istri....

2 komentar:

  1. hmm, iya ukh. gk cuman buat lelaki, kita yg perempuan jg tak lepas dr godaan mata. apalagi banyak artis cakep tuh d Tv hehehe. musti puasa gk liat Tv kali ya, biar bs menahan pandangan. jzklh khrn

    BalasHapus
  2. ya juga yaaa, hehehe... harus ditanamkan pada diri sendiri bahwa aturan Allah itulah yang membawa kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat

    BalasHapus