Senin, 20 Maret 2017

Bagaimana cara menghoponoponoin orang lain ? (1-2)

Bagaimana menghoponopoin orang lain?
#innuriinspirasi #innurihopono
Boleh dishare tanpa ijin.

Filosofinya ; ketika ada masalah , saya bertanya apa yang terjadi pada diriku yang menyebabkan masalah ini ? Bagaimana saya menghilangkan / membersihkan masalah ini dari saya ?
Tak lupa Innuri ingatkan , bila ada keberhasilan dalam proses ini , itu semua terjadi karena Allah , karena ijin dan kasih sayangNya semata. Ho'oponopono hanya salah satu ayat Allah di antara ayat-ayat Allah yang tak terkira banyaknya.
Cara menghoponopoin orang lain sederhana saja. Baca basmalah dulu kalau aku, hubungkan hati dengan Allah dan sampaikan pada Allah niat kita untuk membersihkan seseorang , sebut namanya. Lalu kita tarik kesalahan orang itu sebagai kesalahan kita. Perlahan lahan kita ucap 4 frasa , silahkan pakai bahasa apa saja. Lakukan sampai kesalahan itu terasa bersih di hati kita. Sudah .

Dalam ho'oponopono , orang yang melakukan kesalahan dan biasanya  mendhalimi orang lain , adalah orang yang sedamg menjalankan program yang salah. Tugas kita cuma membersihkan program itu agar hidupnya dituntun Allah.

Bayangkan sebuah robot yang kemasukan chip program yang salah, yang malah membuat robot berbalik menyerang penciptanya.  Kita tolong dengan mengambil chipnya, kita bersihkan agar si robot benar programnya.
Tentu manusia tidak sama dengan robot kan ? Ada sisi perasaan tidak nyaman ketika misalnya dihadapkan pada perselingkuhan pasangan dan kita mau ho'oponoponoin. Saranku lakukan saja terus , karena Allahlah nanti yang akan menuntun pemahaman hati kita akan masalah tersebut dan mengijinkan rasa cinta kasih hadir di hati kita. Karena pada hakekatnya ketika membersihkan orang lain (misal pasangan dan selingkuhannya) , diri kita sendirilah yang sedang kita bersihkan dari program 'pasangan berselingkuh'. Tandanya hati sudah tidak lagi membenci , melainkan memahami. Dan program itu dihapus dengan pertolongan Allah.

Demikian pula saat membersihkan aifat buruk seseorang atau masalah kesehatan seseorang . Caranya sama , tidak perlu banyak konsep, Allah maha tahu saat kita ingin ho'oponoponoin seseorang ,  biarkan Allah yang menuntun hati kita menjalankannya.
Salam manis.

Bagaimana menghoponopoin orang lain? (2)
#innuriinspirasi #innurihopono boleh dishare tanpa ijin "Tugas saya hanya membersihkan diri saya , maka duniapun menjadi bersih , karena saya adalah dunia itu. Semua yang ada di luar saya adalah cermin dan ilusi ", dr Hew Len.
Kisah seorang ibu yang begitu jengkel dengan 2 orang anaknya yang selalu bertengkar setiap hari , kayak macam kerah katanya. Susah dibilangi dan belum berhenti kalau si adik belum menangis.
Setelah bertemu dengan ho'oponopono , dia mencoba praktekkan. Dia berhenti menyalahkan anaknya dan mengambil alih semua kesalahan pada dirinya saja. Menyerah , memohon ampun dan memohon pada Allah agar kesalahan itu dibersihkan. Dia ucapkan 4 frasa itu dengan penuh penghayatan.

Saat dia berani melepaskan egonya , pemahaman dari Allah turun ke hatinya. Tiba-tiba terbukalah kesalahannya. Diapun sadar bahwa kenyataan adalah refleksi dari sesuatu di dalam dirinya , cermin dirinya di alam nyata.

Dia baru sadar bahwa ketidak rukunannya dengan saudaranya telah terpantul pada ketidak rukunan kedua anaknya. Padahal sebelumnya dia tak pernah merasa bersalah dengan kondisi itu karena dia berada di posisi yang didhalimi saudaranya dan dia selalu mengalah. Tapi rupanya perasaan permusuhan dan kebenciannya itulah yang salah dan  harus diberaihkan.
Ajaib ! Ketika dia membersihkan hatinya dari rasa benci dan permusuhan kepada saudaranya , perlahan dia merasakan interaksi kedua anaknya mulai membaik saja dari hari ke hari.
Itu kisah nyata yang dialami sahabat Innuri. Aku ceritakan karena ada yang menanyakan soal contohnya bagaimana tentang menghoponoponoin orang lain.
Kondisi setiap orang berbeda , jadi walaupun kasusnya sama , jawaban dari Allah bisa berbeda.

Bila setiap bertemu masalah, kita berhenti menyalahkan orang lain, lalu mengambil alih kesalahan itu dan memohonkan ampunan untuk itu dilanjut dengan ucapan terimakasih dan cinta kepada Tuhan. Maka kita telah melakukan pembersihan di dalam yang membuat dunia menjadi bersih. Bila dilakukan terus menerus, maka hidup kita menjadi sempurna dengan ijin dan kasih sayang Tuhan.

Semoga bisa dimengerti .

Salam kasih.

Innuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar