Senin, 20 Maret 2017

Tentang Ho'oponopono (1-3)

Tentang ho'oponopono (1)
#innuriinspirasi #innurihopono
Untuk sahabat Innuri yang gak faham saat buka webnya.

Menggunakan 4 frasa : I'm sorry , Please forgive me , Thank you and I love you . Yang ditujukan pada Tuhan . Dan itu sudah bisa membersihkan semua hal yang kita niatkan untuk dibersihkan oleh kasih sayang Tuhan.

Konsep ajaran ini : ada 2 cara menjalani hidup , yaitu berdasarkan kenangan dan berdasarkan inspirasi (tuntunan Tuhan di hati saat hati dalam kondisi zero limit / bersih)

Untuk hidup berdasarkan inspirasi, maka kita harus membersihkan kenangan / program.
Masalah adalah  kenangan (yang mengendap di bawah sadar kita) yang berulang atau disebut juga program.
Kehidupan  kita dan orang lain di seluruh dunia pada hakekatnya sedang menjalankan program. Maka untuk merubah kehidupan ini , kita harus membersihkan program tersebut dengan 4 frasa ajaib itu.
Mulai dari hal kecil-kecil sampai hal besar-besar yang ingin kita ubah , maka kita tarik semua itu sebagai kesalahan kita , lalu kita mohonkan ampun , ucapkan terimakasih untuk masalah itu karena masalah merupakan kesempatan untuk dibersihkan lalu kita ucapkan betapa kita mencintai Tuhan.

Saya sudah mencobanya mulai dari urusan mati lampu , wifi yang ngambek , sampai urusan koruptor e ktp.. haha. Yang mati lampu dan wifi ngambeg bisa berhasil, yang mega korupsi mudah-mudahan menemukan jalannya untuk diselesaikan.

Semula terasa aneh , dosa korupsi segede itu ditarik sebagai kesalahanku dan memohonkan ampun untuk dosa yang dilakukan orang lain, kedengarannya gila banget dan bikin berat di hati .
Tapi bila dilakukan ternyata malah meringankan hati dan pikiran. Jadi sekarang tiap kali menyaksikan sesuatu yang tidak enak , saya ho'oponopono in saja. Tinggal nyanyi dan hati saya jadi bersih dari rasa menyalah nyalahkan orang lain , malah muncul rasa kasih sayang.

Aku sering menemukan hubungan ho'oponopono dengan ayat-ayat al quran , cuma gak hafal surat dan ayatnya .
Aku juga lebih mudah menjalankan prinsip segitiga dan lebih memahami apa itu makna rahmatan lil alamin , yang ternyata harus tidak ada setitikpun rasa kebencian / tidak suka , dan hati yang luas yang terisi cinta kasih untuk alam semesta

Tentang ho'oponopono (2)
#innuriinspirasi #innurihopono
Sahabat Innuri (=pembaca tulisan ku) tidak hanya muslim, cukup banyak juga yang non muslim. Di antara mereka ada yang sedang menghadapi masalah berat yang dulu aku hanya bisa menyarankannya untuk berpasrah pada Tuhan.
Sekarang aku punya jawaban baru untuk mereka , yaitu di ho'oponopono-in. Yaitu dimohonkan ampun dan dipasrahkan agar cinta kasih Tuhan membersihkannya. Biarkan 4 frasa itu bekerja , kita gak ngapa-ngapain , karena kasih sayang Tuhanlah yang membersihkan program bawah sadar kita.

Bagi yang muslim, aku pernah nulis kalau 4 frasa itu kan kayak kita baca istighfar , hamdalah dan basmalah . Dan ajaran Islam lebih lengkap, ada 99 asma Allah yang biasa didzikirkan , ada asmaul husna. Jadi lebih lengkap frasa yang bisa dipakai dalam proses pembersihan program bawah sadar kita.
Hanya sayangnya kebanyakan kita yang muslim, melakukan dzikirnya gak nembus ke hati.
Kadang terlihat aneh juga , bibirnya mengucap basmalah yang mengandung arti kasih sayang tapi diucapkan dengan hati yang membara dan penuh kebencian.

Jadi marilah belajar merendahkan hati, belajar dari orang hawai yang punya ho'oponopono dalam memecahkan masalah. Hanya dengan 4 frasa yang digunakan dengan benar, dengan dibantu kasih sayang Tuhan, bisa menyelesaikan masalah dalam kehidupan ini. Masalah di luar diri diselesaikan dengan membereskan yang ada di dalam diri.
Aku tetap menyarankan untuk googling ho'oponopono dan membaca penjelasan aslinya. Walau sebagian pembacaku gak ngerti - ngerti , katanya lebih enak Innuri yang menjelaskan.
Ya . Sudah kujelaskan sedikit yang kufahami. Lebih baik sedikit yang dijalankan dengan benar kan ?
Boleh dishare.
Karena nulis di instagram gak bisa panjang , ya jadi sambung menyambung kayak Indonesia.
I love you sahabat Innuri.

Tentang ho'oponopono (3)
#innuriinspirasi #innurihopono boleh dishare tanpa ijin.

Menjalankan ho'oponopono selain memberi banyak kejutan yang wah , juga memberi kesadaran baru bahwa ternyata dalam diri ini  banyak sekali 'sampah' yang musti  dikeluarkan.  Makanya hidup jadi banyak hambatan, karena kepleset sampah tadi. Juga banyak pikiran bengkok yang perlu diluruskan, makanya hidup kok  penuh liku.
Salah satu pelajaran dalam ho'oponopono adalah segala hal buruk yang terjadi adalah kesalahan kita. Jadi kalau kita didzalimi orang , yang salah ya nunjuk diri sendiri. Sampai listrik mati atau wifi yang menggoda , yang salah ya bukan PLN atau telkom , tapi diri sendiri.

Dua hari yang lalu di butikku listrik mati pagi-pagi, saat lembur lukisan yang mau diambil siangnya. Kesal itu pasti karena gak ada listrik , lukisan gak kering-kering.
Saat itulah aku berbisik pada Allah pakai 4 frasa ajaib. Memohon ampun pada Allah sambil mengakui kalau kesulitan ini pasti terjadi karena kesalahanku. Aku serahkan saja pada kasih sayang Allah untuk membersihkan kesalahan itu.
Eh tak lama kemudian , listriknya nyala. Dan satu lagi kesadaran baru muncul , bahwa tidak ada hal besar atau kecil yang dikuasai manusia , semua adalah Allah penguasanya. Listrik tidak dikuasai PLN ternyata , melainkan Allah.

Sebelumnya tiap listrik mati , pikiran langsung ke PLN , ada apa kok byar pet ? Seolah-olah tidak ada Allah yang menggerakkan orang-orang di sana.
Ini hal yang terlihat kecil tapi besar dan penting. Mengakui dengan sepenuh keyakinan bahwa Allah menguasai segala-galanya adalah pikiran yang lurus.  Dibalik segala hal ada Allah yang menggerakkannya , kita sering lupakan itu kan ?

Keyakinan yang kuat akan kekuasaan Allah dibangun dari hal-hal yang terlihat kecil sampai hal-hal besar yang kita alami dan saksikan. Tak setitikpun yang tak berarti.
Pengalaman ini indah brrproses di hati kita , membuka kesadaran baru. Aku ingin kalian mengalaminya sendiri karena aku sayang kalian sahabat.
Silahkan googling ho'oponopono. Dan bolehkan aku dibagi ceritanya ?
Masih banyak cerita dariku yang ingin aku ceritakan padamu sahabat. Semoga Allah mengijinkannya.

Salam kasih.






3 komentar:

  1. Alhamdulillaah...aku bahagia dan bersyukur membaca artikel ini menjadi ilmu,...terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini menjadi tercerahkan,bahagialah anda dan sejahteralah, terjadi dan terjadilah. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih komentarnya, semoga bahagia dan sejahtera untuk anda dan seluruh penduduk bumi.

      Hapus
  2. Saya Googling karena saya berpikiran yg sama dan ketemu dengan tulisan ini

    BalasHapus