Minggu, 05 Mei 2013

We Are The Seeker

Bulan kemarin kalau gak salah, aku nonton film di Global TV, judulnya 'The Seeker', kisah pertarungan seru antara kegelapan dan cahaya.

Untuk bisa memenangkan pertarungan itu, ada 6 tanda yang harus dikumpulkan untuk membentuk kekuatan. Orang yang bisa mengumpulkan tanda ini disebut 'seeker'. Bukan sembarang orang yang bisa menjadi 'the seeker', musti seseorang yang terpilih dan masih keturunan (keturunan dari siapa aku gak tahu .... karena nonton filmnya sudah telat)

Dikisahkan ada seorang anak yang merupakan anak ketujuh dari putra ke tujuh, anak inilah yang diprediksi bisa mengumpulkan ke 6 tanda. Dengan menempuh perjalanan berat melintas waktu, menghadapi berbagai bahaya, kemudian dia bisa mengumpulkan ke 5 tanda.  Tanda ke enamnya sulit ditemukan, yang kemudian baru disadari bahwa  tanda keenamnya adalah dirinya sendiri. Kisah ini berakhir happy ending dengan terpenjaranya kegelapan dalam sebuah bola kristal.

Cerita yang amat menarik, terutama saat aku melihat asap hitam yang mengepul hendak menelan dunia, seperti itulah asap hitam yang kulihat dalam ceritaku di artikel "Syetan Itu Energi Negatif ???".  Visualisasi asap hitam itu bagiku begitu pas dan benar-benar mewakili pengalamanku melihat 'was was' yang dibisikkan syetan.

Melihat film itu, seperti melihat pertarungan antara kegelapan dan cahaya dalam diri manusia.  Manusia yang kecil, tapi 'kejadian' di dalam diri manusia itu begitu serunya ....

Begitulah, kita adalah ajang pertarungan antara kegelapan dan cahaya, bila ingin memenangkan cahaya, maka membutuhkan perjuangan dan mencari 'tanda' nya, persis yang dilukiskan dalam film itu.  Bila cahaya gagal unggul melawan kegelapan, hasilnya adalah kehancuran.  Itulah perjuangan sepanjang hidup kita, memenangkan cahaya dan memenjarakan kegelapan.



Bagaimana cara memenjarakan kegelapan? di film itu digambarkan musti berjalan melintas waktu untuk menemukan 'tanda' ...hmmm ..... Kurasa itu adalah simbol atau perumpamaan dari perjuangan manusia memenangkan fitrah dirinya yang suci.

Bagi kita umat manusia, perjuangan kita yang tidak mudah ini sudah ada 'panduan'nya, tinggal masuk di al quran saja, disini banyak tanda, banyak simbol, banyak petunjuk ..... kita juga bisa melintas waktu, ke jaman nabi nabi terdahulu dengan kaumnya.

Tugas kita setiap hari adalah menjadi 'the seeker' dari al quran.  Kadang sebuah ayat yang kita temui , baru bisa kita tangkap maknanya setelah kita baca berulang ulang, kadang juga setelah kita baca dan hafal bertahun-tahun baru tertangkap hakekatnya.

Ingat, target kita adalah memenangkan cahaya dan memenjarakan kegelapan.  Jadi amati musuh kita, masih adakah kegelapan dalam diri kita? waspadai kehadirannya. seperti gelapnya amarah, benci, iri, dengki, dendam, .... sampai kegelapan rasa malas, menunda-nunda, cuek dengan lingkungan.

Mengenali kegelapan dan mencari cahaya dari al quran untuk memenjarakannya. Sebuah petualangan yang menarik bukan ? Yuuuk jadi 'the seeker' setiap hari ..... dan jangan biarkan kegelapan menguasai diri yang targetnya membuat kita hancur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar