Minggu, 04 November 2012

Jangan Menyandarkan Diri Pada Akal

Eyang Virien bilang :"Jangan sampai kita merasa bahwa usaha atau ikhtiar yang kita lakukan adalah penyeebab dari kesuksesan kita.  Semua karena Allah.  Segala sesuatu selain Allah adalah makhluk, maka jangan meletakkan penyebab pada makhluk, penyebabnya hanya karena Allah.  Ikhtiar dan usaha yang kita lakukan adalah bentuk kepatuhan kita pada perintahNya".

Minggu lalu aku membuktikan kata-kata eyang.  Aku bertemu dengan seorang pengusaha yang punya puluhan karyawan, usahanya berjalan lancar dan sukses.  Herannya dia menjalankan usaha tanpa marketing sama sekali !!!  Diapun tidak punya out let di lokasi strategis, rumah dan tempat produksinya nylempit  di gang. 

Ya memang kalau Allah sudah berkehendak jadi maka jadilah , tidak masuk akal sekalipun ..... hmmm..... makanya jangan menyandarkan diri pada akal.

Beliau masih familiku yang punya usaha kerupuk kentang di Batu.  Pelanggan pertamanya adalah pelanggan 'pemberian' sang adik yang punya usaha serupa tapi kewalahan melayani pesanan.  Pelanggan keduanya dia dapat dari orang dari pasar Batu, katanya orang ini mencari namanya di pasar Batu.

"Aku mau kerupuk kentangnya bu Bekti, kalau bukan bu Bekti gak mau", begitu cara dia bertanya pada orang-orang di pasar Batu.  Ada orang yang mengenal saudaraku ini, lalu dia menunjukkan alamat bu Bekti. 

Sampai sekarang dua orang itu menjadi pelanggan tetapnya dan sampai sekarang pelanggannya ya cuma dua orang itu, tapi permintaannya berton ton !!! Makanya karyawannya puluhan dan produksinya jalan terus ......

Nah kan? rejeki memang tidak pernah salah alamat, saat Allah menghendaki rejeki itu terkirim pada si A, pasti dia bisa menemukan alamat si A tanpa meleset sedikitpun, baik jumlah atau waktu pengirimannya.

Hikmah menyadari bahwa segala hal terjadi karena kasih sayang Allah adalah kita menjadi orang yang menikmati proses, disinilah letak pengabdian kita pada Allah, bukti kepatuhan kita padaNya.  Kita lakukan yang terbaik karenaNya saja,  soal hasil adalah wilayah Allah yang tak terpengaruh sedikitpun dengan kerasnya usaha kita ......

Bangun mind set bahwa Allah adalah satu-satunya penyebab dari segala peristiwa yang kita terima.  Lalu persembahkan segala usaha dan ikhtiar kita pada Allah saja.  Bila ini kita jalani, pikiran kita lebih jernih dan damai, segala kekhawatiran akan meredam dengan sendirinya.  Hidup menjadi lebih nyaman dan indah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar