Jumat, 30 November 2012

Hipnoterapy ala Indah

Anak anda malas sekolah? satu hari masuk, dua minggu bolos? .... hmmm...... itu kan Alni waktu TK .....  Atau malas mengaji barangkali? .... uuhhhh .... ini Alni lagi .... Atau gampang sakit dan susah sembuh? ..... atau ada yang gampang masuk angin dan gampang alergi kena debu, hawa dingin atau makanan tertentu ? ..... hiiii .... yang ini ibunya Alni alias aku sendiri .... hahaha .....  Tapi aku ijinkan kalian ngiri karena dengan ijin Allah aku bisa 'mengendalikan' itu semua  .....Gara-gara hipnoterapi ala Indah Nur Qoriah .... Penasaran kan?  Tapi Indah yang baik hati dan murah senyum (ehm ....) akan berbagi untuk kalian.

Kusebut hipnoterapi ala Indah karena aku gak pakai teori dan gak pernah belajar, main kira-kira aja yang penting hasilnya oke punya !

Awal kenal hipnoterapi, saat Insan -anakku yang ketiga- sakit empat tahun yang lalu.  Karena sakitnya gak bisa dideteksi dengan alat-alat kedokteran, seorang teman menganjurkanku pergi ke sebuah klinik hipnoterapi.  Nah, disini aku disuruh mengucapkan 'mantra penyembuhan' yang dibisikkan ke telinga Insan saat dia tidur.

Yang kumaksud 'mantra' disini adalah kalimat-kalimat sugesti yang dirangkai oleh ahli hipnoterapi.  Rupanya ada tehnik tertentu untuk menyusun kalimat hipnosis, tapi Indah gak dikasih tahu caranya sih , salahnya sendiri gak nanya..... makanya aku cuma ngarang dan kira-kira aja.

Jadi, untuk merangkai kalimat sugesti itu :
- ada kata Allah nya, bisa bismillah atau insyaAllah dll
- harus kalimat positif , jangan ada kata "jangan", "tidak", "bukan" dan semacamnya.
- pakai 'present tense', hindari kata akan, nanti, .....
- kalimatnya singkat, jelas, mudah dimengerti oleh sasaran hipnosis
- terkesan menyenangkan dan mudah dilakukan

Contoh kasus :
Beberapa bulan Alni tidak mau lagi mengaji ke TPQ sampai aku ngajiin sendiri di rumah.  Aku ingin dia rajin mengaji lagi seperti dulu.  Aku rangkai kalimat hipnosisnya seperti ini :

"Bismillahirrahmanirrachiiim.  Alni anak yang rajin, rajin sekolah dan rajin mengaji. Mulai sekarang dan seterusnya Alni rajin mengaji, Alni senang banyak teman di sekolah dan di masjid".

Kalimat seperti itu aku bisikkan di telinga Alni saat dia tidur, diulang minimal 3 kali. Saat yang paling afdol adalah saat dia baru saja tidur ..... tapi berhubung biasanya aku lah yang tertidur duluan ....jadinya aku lakukan saat bangun malam usai shalat tahajud.  

Baru beberapa kali kuhipnosis,  Alni sudah rajin mengaji sampai sekarang, bahkan dia tetap ngotot mengaji meskipun kularang karena langit gelap mau hujan.

Bisakah hipnoterapy untuk mengatasi sakit medis?

Anggap aja bisa ..... hehehe.  Aku pernah sakit gatal alergi pas pameran di Jakarta.  Kalau aku sedang kumat alerginya,  gak bisa makan makanan laut dan protein hewani.  Padahal di JCC aku punya pelanggan catering yang menunya begitu menggoda iman...... kesukaanku semua, kadang dia bikin cumi, balado teri, ayam panggang, dll.

Solusinya aku mensugesti diriku sendiri. Mohon pertolongan Allah untuk membuka alam bawah sadarku, disana aku hapus informasi 'makan makanan laut bikin gatal' ...... aku ganti dengan informasi 'aku sehat dengan makanan apa saja'.

Hasilnya aku bisa makan apa saja, gatal-gatalku sembuh tanpa minum obat apapun dan tanpa salep atau bedak gatal.

Di tubuh kita berlaku sistem informasi,  terjadinya bentuk wajah dan tubuh yang kita punya sekarang juga hasil peranan Allah yang memberi kita DNA dan RNA.  Di dalam DNA itu Allah menitipkan informasi genetik dalam bentuk kode kode genetik yang membentuk rambut kita lurus atau keriting, kulit hitam atau putih , hidung mancung atau pesek ... dll dll.

Jadi .... betapa pentingnya menyampaikan informasi positif ke dalam diri kita, baik alam bawah sadar atau alam sadar kita. Segala informasi baik sengaja dilakukan atau tidak sengaja, pasti diproses di dalam diri kita membentuk keadaan kita sekarang.  Jadi kalau mau sehat yaa kasih info sehat saja, mau bahagia? mau nelangsa? ah .....

2 komentar:

  1. Mohon bantuannya, kapan kita memberi sugesti pada diri kita sendiri?
    Terima kasih infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf , balasnya telaaat .... hehehe, bisa kapan saja, asal kondisi jiwa dalam keadaan tenang.

      Hapus