Kamis, 01 November 2012

Menjalin Keakraban Dengan Allah (1)

Eyang Syamsul'alam pernah bilang padaku :"Sama Allah itu yang akrab ".

Kata akrab menjadi point of interestnya, baru pertama aku dengar istilah 'akrab' untuk melukiskan hubungan manusia dengan Tuhannya.  Yang pasti, akrab dengan Allah merupakan hal yang kuinginkan semenjak itu, semenarik kata-katanya, semenarik itu pula pengalaman menjalin keakraban dengan Allah.

Aku cuplikkan sebuah hadits : “ ... Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau”(Riwayat Muslim)

Dalam suasana akrab dengan Allah memang kita merasakan seperti apa yang digambarkan di hadist tersebut, seperti melihat Allah, dan bila tidak, maka kita selalu merasa dilihatNya. 

Merasa dilihat Allah itu penjabarannya jadi luas ,  soalnya cara Allah\melihat itu tidak sama dengan cara manusia melihat.  Hm ... gini nih sederhananya, pernah ditatap oleh orang yang mencintai kita? rasanya jadi nyaman karena dia menatap kita penuh kasih sayang, pernah ditatap oleh orang yang begitu sabar dan pengertian pada kita? rasanya jadi adem puol, berasa ditimang-timang dalam buaian yang hangat, pernah ditatap oleh orang yang begitu kita cintai dan kita dambakan kehadirannya? berasa melayang !

Nah, perlu disadari bahwa cinta dan kasih sayang Allah itu kelipatannya tak terhingga bila dibandingkan dengan cinta makhluk, dan dengan cara itulah Allah menatap kita !  Bagaimana rasanya?  Tak sekedar melayang, hanya air mata yang sanggup menjelaskan dan mewakili sesuatu yang merebak dari kedalaman rasa.

Itu baru perasaan dilihat Allah.  Di tingkat yang lebih tinggi, kita merasa seolah-olah melihat dan dilihat Allah (seperti bertemu dengan Allah) ini benar-benar membuat dunia dan seisinya menjadi  tak berarti lagi.

InsyaAllah Indah lanjutkan dengan step by step membangun keakraban dengan Allah di tulisan selanjutnya yaaa,  nih waktunya ngopeni anak bojo ... hehehe.

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar