Sabtu, 14 April 2012

Saatnya Travelling

Ini hari Sabtu, 14 april 2012.  Besok Senin tgl 16 adalah jadwalku menjadi nara sumber di kota Madiun, lalu besoknya lagi ke Bondowoso, berurutan ke Jember dan Tuban. Wah.... perjalanannya bakalan panjang dan tentunya melelahkan.

Aku pasti kangen Alni, juga pemandangan di belakang rumahku yang saat pagi begitu indahnya, perpaduan antara hutan, gunung dan langit merah..... Juga kangen rumah mungilku yang asyik, dapur tempat aku membuat aneka kue dan masakan untuk suami dan anak-anakku, juga aktifitas pagiku membungkus nasi buat dhuafa disambi internetan ....... dan pastinya kangen sama gitarku !!!  Aduh, kalau lama gak main gitar pasti lupa lagi deh membaca partitur, padahal aku sudah lumayan mainkan love me tender dan beberapa etude.... nih aku sedang 'berjuang' untuk canon in D , kurasa untuk lagu terakhir ini aku membutuhkan waktu 'berabad-abad'.


/>
Sekarang aku berterimakasih pada 'insiden hp mati' (baca : Berbagi itu manis), karena sejak itu nara sumber untuk lukis kain jadi 2 orang, yang berarti mengurangi jadwalku 'keliling'.  Dengan demikian waktuku untuk di rumah jadi lebih longgar, lebih banyak bersama Alni yang sedang lucu-lucunya.  Allah memang Maha Tahu yang aku butuhkan, aku nggak mau kehilangan kesempatan menjadi nara sumber di berbagai daerah, sementara itu aku juga ingin lebih banyak waktu bersama Alni. Mungkin inilah yang disebut keseimbangan dalam hidup. Berada di rumah saja dan bertemu orang-orang dan persoalan yang sama setiap hari pasti membuatku jenuh.  Aku perlu melihat 'dunia luar' dan bertemu dengan orang-orang baru yang memberikan motivasi, variasi dan ide-ide baru yang lebih segar.

Allah tahu banget bahwa manusia perlu bereksplorasi ke luar daerah sampai ada ayat yang menyuruh kita bertebaran di muka bumi, dengan kata lain jangan diam di tempat atau jalan di tempat seperti 'katak dalam tempurung' atau jadi 'jago kandang'.

QS. Al-Jumu'ah [62] : ayat 10
[62:10] Apabila telah ditunahkan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Dulu aku pernah ingin berada di rumah saja dan memasrahkan urusan 'wira-wiri' pada suamiku, aku merasa lebih aman berada di rumah saja.  Curhatlah aku sama ustad Virien.

"Eyang, rasanya aku kangen jadi ibu rumah tangga saja kayak dulu, selalu di rumah, bila keluar rumah selalu didampingi suami.  Rasanya suci dan indah, nggak kayak sekarang, karena interaksiku dengan banyak orang mungkin membuatku banyak dosa.  Bagaimana bila aku di rumah saja?", kataku suatu saat.

Lalu eyang bilang begini :" Ada hadits yang mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat manusia lainnya. Ya sekarang ini bunda lebih bermanfaat buat orang banyak ".

Ya, bukankah tidak ada larangan bagi wanita untuk berperan di masyarakat?  Bahkan ada wanita sahabat Nabi yang turut berperang di garis depan dan menjadikan dirinya sebagai 'tameng' Nabi?

Allah, terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan padaku untuk berbagi ilmu dengan orang banyak.  Terimakasih atas murid yang 'lucu lucu' yang Engkau perkenankan aku mengenal dan bersahabat  dengan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar