Sabtu, 09 Februari 2013

Kehidupan Ini Sederhana Saja

Kehidupan ini sederhana saja, kita mengabdi pada Allah, mencari ridhaNya.

Allah hanya menyuruh kita beriman dan bertawakal kepada Allah., sederhana sekali kan? Bertawakal itu maksudnya menyerahkan persoalan kepadaNya saja, sementara kitanya berikhtiar semaksimal mungkin.!

QS Al Mulk [67:29] Katakanlah: "Dia-lah Allah Yang Maha Penyayang kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah kami bertawakkal. Kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata".

Yang membuat kehidupan ini menjadi rumit adalah syetan dan hawa nafsu yang menunggangi setiap hal yang bertebaran di sekeliling kita (dunia, makhluk).

Syetan masuk lewat berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, lupa bahwa Allah maha mencukupi , bahwa tugas kita hanyalah bekerja utk beribadah dan mencari ridhaNya saja .....

Syetan masuk lewat berbagai persoalan hidup yang  menurut kita rumit, lupa bahwa kita hanya diperintahkan untuk beriman dan bertawakal kepadaNya saja. lupa bahwa yang maha besar hanyalah Allah, bukan persoalan persoalan kita.

Syetan masuk lewat berbagai perasaan negatif seperti khawatir, sedih, iri hati, cemburu, marah, dendam, permusuhan dll dll.

Penting menyadari bahwa menghadapi kehidupan dan segala permasalahan di dalamnya hanyalah alat untuk membuktikan pengabdian kita pada Allah, alat untuk menguji sejauh mana kita bebuat baik.  Bila menyadari point ini, membuat kita tidak terlarut dalam gelombang permasalahan kehidupan.  Dan masalah akan lebih mudah terselesaikan bila kita tidak terbenam di dalamnya, melainkan kita dalam posisi 'mengendalikan' masalah itu.

Ya, kehidupan ini sederhana saja bukan? tidak usah dipersulit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar