Jumat, 04 Januari 2013

Untuk Ulang Tahunku

Besok adalah hari ulang tahunku.  Yang ternomor satu menyampaikan ucapan selamat bahkan sebelum hari H adalah siapa lagi kalau bukan suamiku, dia juga yang terheboh menyiapkan hadiah istimewa katanya.

"Punya suami kamu itu sudah hadiah istimewa buatku", kataku.
"Alhamdulillah, tapi aku membelikan ini buatmu", katanya.
"Ya ya ya ", kataku buru-buru menerima hadiahnya yang .... hmmm ... dia tahu banget kesukaanku !!!

Alhamdulillah, Allah menyampaikan aku pada usia 40 lebih (lebihnya banyak ... hahaha). Terimakasih ya Allah, di  usiaku ini aku sehat, punya Engkau ya Allah, punya Nabi Muhammad, punya orang tua lengkap, punya mertua yang menyenangkan, punya suami yang baik, anak-anak yang asyik, ustadz yang selalu membimbing, usaha yang kusuka, karyawan yang ngerti-ngerti, sahabat yang banyaaaaak ..... tetangga yang baik .... duh, banyak sekali nikmatMu ya Allah, tak sanggup kuhitung.

Keinginanku di hari ulang tahunku ini sederhana saja (tapi sungguh tidak sederhana perjuangannya) yaitu, aku ingin  senantiasa harmonis dengan lingkungan.

Doaku pada Allah adalah agar Dia menjadikan al qur'an sebagai kepribadianku, hanya inilah jalan yang musti kutempuh untuk cita-citaku.  Al qur'an itu bila telah masuk pada diri seseorang, maka akan membuatnya berhati damai, penuh kasih dan senantiasa harmonis dengan lingkungan.  Indah bukan?

Membaca dan menghafal al qur'an saja belum cukup untuk membuat al qur'an masuk ke dalam diri seseorang, musti diiringi dengan memahami dan menjalankan tuntunanNya, juga menyebarkannya (mendakwahkannya).  Kurasa yang merupakan bagian tersulitnya adalah menjalankannya.

 Bagaimana 'cara kerja' al qur'an dalam menciptakan dunia yang penuh harmoni?  Ini menjadi pertanyaan yang mendasari langkah kita dalam melaksanakan al qur'an.  Banyak nilai-nilai qur'ani yang bila dijalankan dengan baik akan membuat tatanan masyarakat yang harmonis.  Contohnya, memaafkan saat disakiti, meminta maaf bila bersalah, menahan amarah, membalas perbuatan buruk dengan hal baik, bila orang yang berbuat jahat sudah keterlaluan, maka kita diiperintahkan untuk menjauhi dengan cara yang baik.  Tapi bila mereka sudah melanggar hak-hak kita, seperti mengusir kita dari rumah kita sendiri, menjajah, merampok, mengancam harta dan jiwa kita, sudah saatnya untuk membela diri dengan berperang.

Untuk itu musti senantiasa istiqamah dalam menjalankan tuntunan al qur'an, seperti senantiasa memberi (bersedekah) dalam lapang dan sempit, menahan amarah, memaafkan kesalahan orang, selalu berbuat baik, banyak bertaubat / memohon ampun, bersabar, bersyukur, membalas kejahatan dengan kebaikan .  Ini jadi PR seumur hidup.

Allah, beri aku kekuatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar